WEBINAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI MAN 1 TANGERANG SELATAN

Authors

  • Nilam Permatasari Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hastri Rosiyanti Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu upaya continuous improvement dalam pendidikan. Para pendidik harus memiliki semangat untuk terus memperbaiki kualitas pengajarannya guna mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan maksimal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan guru yaitu harus kreatifnya guru dalam upaya meningkat kan kualitas pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dari permasalahan tersebut maka dibutuhkan solusi yaitu dengan lebih mengetahi apa saja metode penelitian yang dapat guru gunakan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari webinar ini adalah untuk membantu para guru dalam memahami metode pelaksanaan PTK  guna meningkatkan kualitas pendidikan. Webinar dilaksanakan secara virtual yang dihadiri oleh 1 pembicara dan 25 peserta. Data hasil webinar diperoleh melalui pretest dan post-test serta angket kebermanfaatan webinar. Hasil  yang diperolehan dari kuisioner menunjukkan adanya peningkatan pemhaman mengenai PTK setelah mengikuti webinar. Berdasarkan perolehan angket, para peserta mengakui bahwa webinar PTK ini relevan dan bermanfaat bagi profesi mereka sebagai guru.

Author Biographies

Nilam Permatasari, Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Hastri Rosiyanti, Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Suwarsih Madya, 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Proyek PGSM Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Subrata, I Gede Harja. tanpa tahun. Tindakan Kelas”. Bahan Kuliah “Konsep Dasar Penelitian Power Point.

M. Afandi, “Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 1, no. 1, pp. 1–19, 2014.

S. Busyrah, H. Alimuddin, and R. Kamaruddin, “Pentingnya PTK Bagi Guru,” MATAPPA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, p. 101, Sep. 2018

H. Windayana, “Penelitian Tindakan Sekolah,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, Aug. 2016

Downloads

Published

2021-11-16