BAKTI SOSIAL DENGAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN, PEMBAGIAN MASKER DAN HANDSANITIZER DI ASRAMA POLRI CILEDUG

Fauzan Nur Rachman, Gustinawati Gustinawati, Saafira Rihaadatul Aisy

Abstract


Coronavirus disease 2019 atau covid-19 merupakan penyakit infeksi pernafasan akut yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang pertama kali teridentifikasi pada akhir 2019 dikota Wuhan, Provinsi Hubei Cina. Pandemic covid ini sendiri telah menyebar hampir kesekuluh belahan bumi dan diIndonesia sendiri terdapat kasus pertama tepat tanggal 2 maret 2020, penyakit ini menyerang pernafasan dan kurangnya kesadaran masyarakat akan personal hygiene serta hygiene sanitasi lingkungan rumah mereka, yang meyebabkan virus mudah bersarang. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberdayakan masyarakat dalam penggunaan masker dan handsanitizer pada saat keluar rumah. Demi mencegah penularan virus covid-19. Metode yang dilakukan menggunakan pendekatan one by one atau antarpersonal. Tahapan kegiatan ini yaitu mempersiapkan semua barang yang akan didonasikan, Penyemprotan disinfektan /disinfeksi, pembagian masker dan hansanitizer kepada masyarakat dan melakukan kerja bakti. Hasil dari kegiatan ini yaitu berupa preventif umtuk meminimalisir mikroorganisme yang menempel pada bagian tertentu bangunan atau barang dengan penyemprotan didinfektan, masyarakat juga akhirnya menggunakan masker dan membawa handsanitizer pada saat keluar rumah.


Full Text:

PDF

References


Alvi Kusuma, dkk. "Waspada Covid-19 Pembagian Hand Sanitizer Dan Masker Kain Gratis Kepada Pengemudi Ojek." 2020.

Athena, dkk. "Pelaksanaan Disinfeksi Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 Dan Potensi Resiko Terhadap Kesehatan Diindonesia." Jurnal Ekologi Kesehatan, 2020: 1-20.

Jovie Mien. D, Djuis Sugiaty R. "Pembuatan Hand Sanitizer Bahan Alam Dan Gerakan Cuci Tangan Masyarakat Silian Minahasa Tenggara." Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 2021: 45 - 47.

Meri Meri, dkk. "Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penggunaan Hand Sanitizer Dan Masker Sebagai Upaya Preventif Terhadap Covid-19." Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2020: 26 - 33.

Pramulani. M. l., Ani. P. "Pelatihan Pembuatan Hand Sanitisizer Perasa Buah Jeruk Nipis Bagi Guru, Siswa Siswi Sma Dan Smk Mutiara 17 Agustus Kelurahan Teluk Pucung Bekasi Utara." Jurnal SEMAR, ISSN, 2018.

Tampubolon, Rosa indah, dkk. "Pelaksanaan Disinfeksi Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 Dan Potensi Risiko Terhadap Kesehatan Diindonesia." Jurnal Kesehatan, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ