BELAJAR BACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI

Rizky Aditya Saputra, Dandy Dandy, Cantika Cantika, Lusi Andriyani

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat dilakukan kepada masyarakat umum, dan yang menjadi sasaran pengabdian adalah Remaja Islam Masjid Jami’ An-Nur Pondok Pinang Kec. Kebayoran Lama Jakarta Selatan.Pengabdian ini berupa Pelatihan membaca Al-qur’an yang baik dan benar melalui metode Qira’ati dan Ilmu Tajwid, pelaksana terlebih dahulu mensurvei dilapangan apa saaja kebutuhan masyarakat yang saat ini diperlukan. Dalam upaya memasyarakatkan Al Quran, saat ini muncul berbagai macam metode yang cukup membantu mempermudah proses belajar membaca Alquran dengan baik dan benar. Namun masalah secara umum yang ditemui dalam pengajaran Al quran saat ini adalah : Mutu Pendidikan, Kualifikasi Ustad Pengajar, Lama Waktu Belajar Tidak Pasti, Metode Pembelajaran yang dipakai kurang / tidak dikuasai. Berdasarkan pelaksanaan Pelatihan membaca Al-qur’an yang baik dan benar melalui metode Qira’ati dan Ilmu Tajwid di Masjid Jami’ An-Nur Pondok Pinang Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan adalah standar kualitas hasil belajar para remaja tidak sama.antara yang satu dengan yang lain, dikarenakan perbedaan latar belakang pendidikan yang pernah ditempuh dan juga lingkungan keluarga, tiap jamaah pasti berbeda dalam penyerapan materi, semestinya memang tidak bisa seragam 100%, namun jenjang perbedaan yang terlalu jauh menunjukkan bahwa ada sesuatu yang kurang dalam proses pembelajaran, baik itu dari unsur, ustad, sarana, ataupun metode yang dipakai. Berkembangnya berbagi metode membaca Alquran saat ini, memang memperkaya variasi proses belajar, namun apabila penggunaan metode yang dipilih oleh guru ngaji maupun lembaga, tidak mentaati standar yang disyaratkan oleh pembuat metode, maka sejak proses pembelajaran sampai dengan produk yang dihasilkan pasti tidak standar. Banyak dijumpai di lingkungan masyarakat kita, bahwa ratio guru ngaji dengan jumlah santri tidak seimbang. Jumlah guru ngaji lebih sedikit dibandingkan santri yang siap diajar, itupun dengan kualitas guru yang tidak merata, bahkan ditemukan ustad yang bermodalkan nekat karena tidak adanya guru ngaji yang siap ngajar. Tidak jarang juga kita jumpai, orang yang bagus bacaan Alquran-nya, tapi tidak bisa / tidak mau / Tidak sempat mengajar Al quran, sementara ada yang semangat mengajar, tapi kemampuannya sangat terbatas. Maka dari itu pelaksana berupaya melaksanakan tugas Kuliah Kerja Nyata perguruan tinggi sebagai kwajiban Mahasiswa untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat untuk mengajarkan cara membaca Al’quran dengan baik dan benar di Masjid Jami’ An-Nur Kec. Kebayoran Lama Jakarta Selatan.

 


Full Text:

PDF

References


S. Hasan and T. Wahyuni, “Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil,” Al-I’tibar J. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 45–54, 2018, doi: 10.30599/jpia.v5i1.317.

F. H. Rifqiyati, Lusi Andriyani, Arief Fitrijantio, “Efektifitas Pembelajaran Islam Melalui Whassap Group,” vol. 1, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8773/5138.

Lutfi, A. Sumardi, Farihen, and G. Ilmia, “Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19,” Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8069.

S. Wakit and D. Agustin, “Pelatihan Pembelajaran Al- Qur ’ an Dengan Menggunakan Metode Qiro ’ ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember,” J. Pengabdi. Masy. Ipteks, vol. 6, no. 1, pp. 28–33, 2020.

Hasan, “Belajar Membaca Al-Quran Dengan Metode Qiroati Di KB Mutiara Insani,” Al-Muthaharah, vol. 17, no. 1, pp. 43–61, 2020, [Online]. Available: https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/71/55.

M. A. Matswa, “Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Qiroati Studi Kasus Di Mi Sultan Agung Sleman Yogyakarta,” 2016.

Fadilah Zain, “Penerapan Metode Qira’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al- Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Muttaqin Desa Gading Jaya Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin Provinsi Jambi,” 12020.

H. Mulyani and M. Maryono, “Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an,” Paramurobi J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 25–34, 2019, doi: 10.32699/paramurobi.v2i2.1294.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ