EDUKASI KESEHATAN MENTAL DAN MOTIVASI BELAJAR

Dewi Alaika Atqiyaa, Frida Adzanni Syalsabilla, Nurul Faizah Safira Dewi Sarah, Reza Alerio Reihan, Lusi Andriyani

Abstract


Awal tahun 2020 adalah tahun di mana orang-orang mengenal virus mengerikan yang sekarang dikenal sebagai Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Lamanya Covid-19 menyerang kesehatan bahkan kehidupan masyarakat di dunia menyebabkan perubahan pola hidup normal manusia. Perubahan tersebut membawa dampak pada kesejahteraan mental manusia karena harus mengalami efek merugikan yang ditimbulkan oleh virus tersebut. kesehatan mental yang ada di masyarakat adalah panic buying, kecemasan, stres, ketakutan, depresi, maskulinitas beracun, penyalahgunaan obat dan alkohol, gangguan psikosomatik, dll. Cara menjaga kesehatan mental dan mencegahnya dari masalah antara lain mengkonsumsi makanan bergizi, membangun hubungan baik dengan keluarga dan teman, melakukan meditasi untuk mengendalikan kecemasan, memilah informasi dengan bijak, meminta bantuan profesional, dan sebagainya. Program kegiatan kepada masyarakat ini merupakan bentuk kerja sama yang dilaksanakan antara dosen dengan mahasiswa yang bertujuan untuk membangun semangat masyarakat dibidang sosial dan ekonomi dalam melawan covid. Kegiatan yang dilakukan adalah membuat poster tentang Kesehatan Mental, Motivasi Belajar, pendampingan belajar, dan yang terakhir Santunan atau Donasi. Melalui program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mampu menimbulkan kesadaran kembali pada masyarakat untuk peduli terhadap kesehatannya dan sekitarnya.


Full Text:

PDF

References


Salsabila, A. (n.d.). MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMI Nasya Andini Salsabila.

Ferismayanti, M. P., & A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. 2(2), 1–10.

Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(2), 120. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i2.5168

Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. (2019). Kecamatan Pamulang Dalam Angka 2019 (Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan (ed.)). Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan.

Vibriyanti, D. (2020). Kesehatan Mental Masyarakat: Mengelola Kecemasan Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 69. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.550

Rozali, Y. A., Sitasari, N. W., Lenggogeni, A., Psikologi, F., Esa, U., Arjuna, J., Tol, U., & Kebon, T. (2020). MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMIC.

Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Inovasi Penelitian, 53(9), 2227–2247.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ