INOVASI PUDING WORTEL PELANCAR ASI DI WILAYAH KERJA POSYANDU NUSA INDAH 11 DESA CIASIHAN

Delika Puspita, Winda Dwi Astuti Zebua

Abstract


Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A yang tinggi dan bermanfaat untuk tubuh. Wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin A dalam bentuk beta karoten yang dibutuhkan tubuh terkandung di dalamnya. Selain itu wortel juga bisa memberi warna pada makanan, sehingga dapat membuat makanan kelihatan lebih cantik, menarik dan menambah nilai gizi serta karoten dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh manusia. Metode yang digunakan pada program KKN kali ini adalah mendemostrasikan bagaimana cara membuat puding wortel, lalu disebarkan dengan melakukan Dor to Door kepada ibu menyusui sebanyak 10 orang di wilayah kerja posyandu Nusa Indah 11 Desa Ciasihan. Gagasan mengenai pengolahan wortel melalui pembuatan permen wortel ini menjadi salah satu ide yang ditawarkan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengkonsumsi wortel, sehingga kebutuhan akan vitamin A dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, pemberian informasi kepada masyarakat mengenai konsumsi dan pengolahan wortel yang baik pun sangat diperlukan agar ibu dapat melakukan pengolahan yang tepat. . Wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang bisa meningkatkan energi untuk memproduksi ASI. Tentu saja produksi ASI yang baik akan berpengaruh pada tumbuh kembang bayi.


Full Text:

PDF

References


Arabic, corporate governance (2015) ‘No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title’, (September), pp. 1–27.

‘DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK WORTEL ( Daucus carrota ) OLEH 2020 PENAMBAHAN EKSTRAK WORTEL ( Daucus carrota ) Oleh Email : restinurulshyfa125@gmail.com Abstrak’ (2020).

Lidiyawati, R. et al. (2013) ‘Mentel (Permen Wortel) Sebagai Solusi Penambah Vitamin A’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 3(1), p. 96762.

Putu, N. et al. (2020) ‘Perilaku Pemberian Asi Eksklusif Pada Wanita Pekerja Tenaga Kesehatan Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah’, Jurnal Medika Udayana, 9(1), pp. 70–78.

https://www.popmama.com/pregnancy/birth/rindi-1/bisa-tingkatkan-produksi-asi-ini-manfaat-wortel-untuk-ibu-menyusui/4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ