MENINGKATKAN KESADARAN KEBERSIHAN DAN KESEHATAN MELALUI GERMAS (GERAKAN MASYARAKAT SEHAT) PADA WARGA JL. MENJANGAN 1 KELURAHAN PONDOK RANJI

Andika Pradana, Marna Hidayat, Rido Alardo, Anis Setiyanti

Abstract


Permasalahan yang terjadi di Jl. Menjangan RT 06/03 RW 01 Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan adalah rendahnya pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menurunnya kemauan masyarakat yang menyebabkan rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai PHBS. Hal inilah yang menjadi alasan dibuatnya GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) oleh mahasiswa dan dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Sasaran dalam program GERMAS ini yaitu anak-anak Yayasan TPQ Darul Kabin dan Masyarakat. Program tersebut dituangkan dalam beberapa Kegiatan, Untuk Anak-anak Yayasan TPQ Darul Kabin kami melakukan kegiatan seperti: Penyuluhan (Edukasi) cara mencuci tangan yang baik dan benar, Praktek cara mencuci tangan yang baik dan benar, penyuluhan penggunaan masker yang baik dan benar. Untuk Masyarakat kegiatannya yaitu: pembagian bibit sekaligus edukasi merawat tanaman dibarengi dengan berjemur. Harapannya, program kerja tersebut dapat menjadi sebuah solusi untuk menyelesaian masalah dalam bentuk kerja nyata. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembalikan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan melalui program GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat). Metode pelaksanan dalam kegiatan ini yaitu dilakukan dengan cara penyuluhan dan praktek. Tujuan atau Hasil dari GERMAS ini adalah agar warga Jl. Menjangan 1 menjadi lebih paham akan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan dapat mengimplementasikan nya dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Kemendagri, Kesadaran Masyarakat Indonesia akan Kebersihan Masih Rendah, 2018. Diakses 22 juli 2021, website: https://litbang.kemendagri.go.id/website/riset-kesadaran-masyarakat-indonesia-akan-kebersihan-masih-rendah/

Indonesia. (2013) Departemen Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Jakarta: Departemen Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia. Indonesia.

Kemenkes, (2016) Germas wujudkan Indonesia kuat, Diakses 22 Juli 2021 Website:https://www.kemkes.go.id/article/view/16111500002/germas-wujudkan-indonesia-sehat.html

Syafrida, S., & Hartati, R. (2020). Bersama melawan virus covid 19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 495-508.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2017): Warta Kesmas edisi 01 diakses 23 juli 2021 melalui website: https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/others/Warta-Kesmas-Edisi-01-2017_752.pdf

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 1-136.

Atmojo, J. T., Iswahyuni, S., Rejo, R., Setyorini, C., Puspitasary, K., Ernawati, H., ... & Mubarok, A. S. (2020). Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Dan Penanganan Covid-19: Rasionalitas, Efektivitas, Dan Isu Terkini. Avicenna: Journal of Health Research, 3(2).

Hamda, N. (2017). Masyarakat Dan Sosialisasi. ITTIHAD, 12(22), 107-115.

Kurniasih, S., & Pratama, I. M. J. (2020). prototipe jendela kaca untuk ruang berjemur dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh. Jurnal Arsitektur ARCADE, 4(3), 269-275.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ