PENDAMPINGAN BELAJAR MENGAJAR DIMASA PANDEMI

Santi Santi

Abstract


Belajar merupakan salah satu kegiatan yang dapat merubah hidup seseorang belajar juga adalah suatu kegiatan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Dengan belajar seseorang akan lebih banyak tahu dan akan lebih pandai dalam memilih. Sedangkan mengajar adalah salah satu kegiatan dimana di dalamnya terdapat aktivitas yang kompleks yang dilakukan seorang guru dalam menyampaikan materi ajar kepada murid yang kemudian terjadilah proses belajar. Akan tetapi pada tanggal 1 Desember 2019, di tetapkannya sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau yang biasa disebut dengan singkatan WHO, untuk itu pemerintah menghimbau untuk melakukan social distancing dimana tidak diperbolehkan adanya kerumunan. Untuk itu pada masa pandemic ini semua sekolah serta universitas telah di tutup dan di berlakukanlah pembelajaran daring atau biasa disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dengan adanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dimasa pandemi ini tidak hanya guru yang menjadi seorang guru akan tetapi orang tuapun memegang sekaligus dua peran yaitu sebagai orang tua dan juga guru dalam belajar untuk anak-anaknya. Akan tetapi masih banyaknya orang tua  dan juga guru yang belum memahami kebutuhan anak serta muridnya dalam belajar. Sehingga pembelajaranpun menjadi kurang efektif dan efisien. Dalam hal ini saya sebagai mahasiswa turut aktif dalam kegiatan  KKN UMJ 2021 untuk mengadakan Program Pendampingan Belajar Mengajar dimasa Pandemi. Untuk itu diharapkan para orang tua dan juga para pendidik dapat terbantu dengan adanya program ini.


Full Text:

PDF

References


Chomaidi dan Salamah, Pendidikan Dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah, Jakarta : Grasindo, 2018.

Sarwa, Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah dan Solusi, Indramayu : CV Adanu Abimata, 2021.

Hayati, Arifia Sabila, “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring Pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo Kabumen”. Jurnal Tasyri’, 27 [2], https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3552 [28 Oktober 2020].

Latif, Mukthar, Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2013). Orientasi baru pendidikan anak usia ini: teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana.

Ngura, Elisabeth Tantiana, DKK, “Program Pendampingan Belajar Mengajar Anak PAUD di Rumah di Masa Pandemi Covid-19 dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Inkuiri”, Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1 [2], https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jailcb/article/view/111/82 [30 November 2020]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ