PENDAMPINGAN PEMBUATAN LAYANAN PENJUALAN MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SEBAGAI BENTUK MEMPERLUAS JARINGAN PENJUALAN DEMI MENINGKATKAN TARAF PEREKONOMIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA MITRA KERJA MIE SEHAH JAGAKARSA

Azharuddin Luthfi, Achmad Rifa, Khoirudin Khoirudin

Abstract


Kondisi ekonomi di Indonesia semakin hari semakin melemah peningkatannya karena terdampak dengan covid-19. Tidak ada sebuah peningkatan yang signifikan dari awal terdampak pandemi, hingga saat ini. Sektor yang paling banyak terdampak adalah sektor ekonomi ini. Bisa dilihat pula dengan semakin banyaknya pengangguran dan meningkatnya kemiskinan di Indonesia saat ini. Mungkin, pergerakan KKN UMJ 2021 saat ini menjadi salah satu amal perjauangan juga untuk sama-sama meningkatkan ekonomi di Indonesia. Seperti yang kita ketahui pula bersama, jika kita mau keluar dari sebuah masalah ekonomi, maka kita harus mulai dari akar permasalahannya terlebih dahulu, yaitu masyarakat menengah kebawah yang tidak punya pekerjaan. Dengan adanya KKN UMJ 2021 ini, kami lebih bergerak pada pendampingan usaha pembuatan sistem penjualan secara online. Sebagai langkah awal untuk perubahan dan penyelarasan pada kondisi saat ini. Dimana karena pembatasan pembeli jarang untuk keluar dalam membeli barang, lebih banyak menggunakan sistem online untuk transaksi. Oleh karena itu disini kami ingin meningkatkan hal pemanfaatan online tersebut, sebagai salah satu inovasi penyesuaian dengan pandemi dalam meningkatkan penjualan dalam masa pandemi. Dengan membangun sebuah peradaban perekonomian dari tingkat bawah, dirasa dapat meningkatkan taraf ekonomi di Indonesia. Karena bisa berkurangnya penggguran, dan banyaknya tercipta lapangan kerja baru dari pergerakan ekonomi bawah. Hal kecil yang dirasa dapat sedikit membantu beban pemerintah dalam menyelaraskan kehidupan ekonomi di tengah pandemi.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS). 2015. Jumlah Usaha Kecil, Menengah dan Besar Menurut Sektor Ekonomi Tahun 2012 - 2015, Badan Pusat Statistik. Retrieved April 19, 2016, from http://www.bps.go.id

Oliver, C. 1997. Sustainable Competitive Advantage: Combining Institutional and Resource-Based View. Strategic Management Journal, Vol.18, No.9, pp.697-713

Otero-Neira, C. Lindman, M. dan Fernandez, M. 2009. Innovation and Performance in SME Furniture Industries: An International Comparative Case Study. Marketing Intelligence and Planning, Vol.27, No.2, pp.216-232

Peebles, E. 2003. Inspiring Innovation. Harvard Business Review on the Innovative Enterprise, Harvard Business School Press, Cambridge, pp.89-110


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ