PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK-ANAK LEBAK RT 005/RW 002 KAMPUNG SAWAH MURTI BOJONG SEMPU

Muhammad Uweis Al-Qorny V, Agung Dwiki Putra, Mega Kumala Sari, Dr. Ayuhan MA

Abstract


ABSTRAK

Menjaga kesehatan sangatlah penting apalagi disaat pandemi seperti ini terutama pada anak-anak karena anak-anak rawan untuk terkena penyakit karena daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Selain itu anak-anak biasanya sering memasukkan tangan kedalam mulut mereka, atau memakan makanan setelah merka bermain tanpa memperhatikan tangan mereka bersih atau kotor, dan hal tersebut dapat menjadi berbahaya jika anak-anak tidak diajarkan dan dibiasakan untuk hidup bersih. Pola/metode/jenis kegiatan yang kami laksanakan berbentuk penyuluhan dan pendampingan dengan metode ceramah, diskusi interaktif, serta praktek. Yaitu dengan mengusung tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu mencuci tangan menggunakan sabun dan menggosok gigi dengan baik dan benar. Rangkaian acara pertama yaitu di mulai dengan melakukan pemberian materi kepada anak – anak usia 6 – 12 tahun di RT 005, RW 002 tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Setelah kami berikan pemaparan materi, selanjutnya anak – anak langsung kami praktekan mengenai cara mencuci tangan menggunakan sabun sesuai dengan pedoman WHO yaitu dengan gerakan 6 langkah mencuci tangan serta menggosok gigi yang baik dan benar. Kegiatan Penyuluhan dan Praktek Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Mencuci Tangan Sabun dan Menggosok Gigi dengan Baik dan Benar.


Full Text:

PDF

References


Tabi’in A. 2020. “PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK USIA DINI SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID-19”. JEA: Jurnal Edukasi AUD, Vol.6, No. 1(2020), ISSN: 2443 2636. (URL: http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jurnalaud/article/view/3620/pdf)

Syardiansah. 2019. “PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017)”. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, Vol. 7 No.1, Januari 2019, ISSN: 2337-3350. (URL: http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jim/article/view/915/621)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ