MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM KONVEKSI SUCEX KAOS SUMEDANG JALAN SUKATALI RAYA, KECAMATAN SITURAJA, KABUPATEN SUMEDANG

Authors

  • Reza Irawan Sutikno Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lafa Zidan Alfaini Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Wina Putri Syabrina Manajemen Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Tahun 2021 ini menggunakan daring atau berbasis online. Program kegiatan disesuaikan dengan domisili rumah masing-masing peserta yang mengikuti KKN UMJ 2021. Melakukan program kegiatan Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital pada UMKM yang terdampak Covid-19 dengan tujuan meningkatkan Brand Awareness pada UMKM tersebut. Dengan cara mempromosikan UMKM melalui Media Sosial dan marketplace, sebab Media sosial dan penjualan melalui marketplace. Metode kegiatan menggunakan beberapa tahapan: Perizinan pelaksanaan program kepada mitra; persiapan dan penyusunan strategi yang akan digunakan; pelaksanaan program kegiatan; dan pembuatan laporan. Strategi pemasaran yang digunakan adalah pembuatan salah satu marketplace yaitu Shopee dan melakukan promosi dengan menggunakan media sosial instagram, sebab Media sosial dan penjualan melalui marketplace disebut sebagai cara terbaik untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. karena saat ini hampir seluruh masyarakat memiliki akun media sosial dan saat pandemi masyarakat lebih sering berbelanja di marketplace.

Author Biographies

Reza Irawan Sutikno, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Lafa Zidan Alfaini, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Wina Putri Syabrina, Manajemen Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Manajemen Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Dharmmesta, Basu Swastha. (1999). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.

Kartajaya, Hermawan. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan Media Utama.

Ridlo. A, Rosyid. (2021). Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas., dalam Community Engagement & Emergence Journali, Vol. 2, No.1, 2021, hlm.7-11.

Downloads

Published

2021-11-16