Meningkatkan Kreativitas dan Minat Bakat Anak di Masa Pandemi

Syifa Kania Putri Prastiwi, Afifah Fresyah Laduni, Sabrina Rahmi

Abstract


Di penghujung akhir tahun 2019 masyarakat di dunia dikejutkan dengan adanya virus yang berbahaya yakni virus Covid-19. Secara resmi, virus itu dianggap mulai menyebar pada 31 Desember 2019, sehingga WHO menyatakan virus Corona sebagai pandemi pada bulan Maret di Tahun 2020. Pada bulan Maret 2020 Indonesia mendapat kasus pertama dan kasus pun semakin bertambah sehingga Pemerintah membuat beberapa kebijakan untuk mengurangi mobilitas masyarakat termasuk pengajaran di berbagai tingkatan dari Sekolah sampai Universitas, hingga di sektor pekerja dibatasi agar penyebaran kasus virus Covid-19 ini bisa segera terhentikan. Ketika pengajaran di tingkat sekolah dihentikan sementara karena pandemi Covid-19 yang dimana anak-anak mempunyai waktu luang yang banyak saat dirumah pada dasarnya mempunyai kesempatan untuk mengasah kreativitas nya dan minat bakat yang dimiliki masing-masing anak. Kreativitas merupakan hal yang terpenting karena dengan mempunyai rasa kreatif anak-anak bisa menjadi produktif. Program meningkatkan kreativitas dan minat bakat pada anak di masa pandemic bertujuan agar anak-anak dapat melatih rasa kreativitasnya sehingga menghasilkan produktifitas nya disaat pandemi ini. Metode pelaksanaan program  ini anak-anak akan diberikan teori ketrampilan dalam membuat suatu karya yakni gelang tangan dan menghias botol kaca bekas dengan benang wol dan setelah itu anak-anak menerima penjelasan bagaimana cara pembuatan ketrampilannya. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan kepada anak-anak tentang membuat suatu karya yakni gelang dan menghias botol kaca bekas dengan benang wol dalam meningkatkan kreativitas dan minat bakat anak di masa pandemi.

 


Full Text:

PDF

References


Ambyah, H., Jessy, T. M., & Ciciria, D. (2021). Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa Sekolah Dasar Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 93–98.

BBC.com. 2019. Covid-19: Virus corona diduga sudah menyebar sebelum pertama kali dilaporkan di China pada Desember 2019.https://www.bbc.com/indonesia/dunia-55197612. Diakses 06/08/2021

Dan, K., Melalui, I., Kewirausahaan, P., Basam, F., & Amal, A. (2018). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sarjana ( Sarana Belajar Anak Jalanan ): Pemberdayaan Anak Jalanan Mandiri ,. 1, 18–22..

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 125.

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ