PELATIHAN TANAMAN HIDROPONIK UNTUK KEMANDIRIAN PANGAN PANTI ASUHAN DAN DHUAFA MIZAN AMANAH

Mohamad Aditya Wibisono, Desi Rohmalia, Dezan Ziandhani, Triana Srisantyorini

Abstract


Pangan merupakan suatu prioritas kebutuhan dasar setiap manusia yang harus tersedia kapanpun dan dimanapun. Manusia pada umumnya membutuhkan keanekaraman pangan yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan dan air serta beranekaragam dalam setiap kelompok pangan.  Sumber pangan tidak hanya dapat diperoleh dari penjual di pasaran ataupun tempat lainnya, melainkan dapat diperoleh dengan memanfaatkan lahan yang terdapat disekitar rumah dengan menggnakan sistem hidroponik. Hidroponik merupakan sistem menanam tanpa menggunakan tanah yaitu menggunakan air yang mengandung nutrisi sebagai medium utamanya. Pelatihan tanaman hidroponik yang bertujuan untuk kemandirian pangan panti asuhan dan dhuafa Mizan Amanah Cilandak Barat. Kegiatan program KKN dilakukan secara offline pada hari jum’at 16 juli 2021. Jenis kegiatan berupa: pelatihan tanaman hidroponik untuk kemandirian pangan keluarga panti asuhan yatim dan duafa Mizan Amanah Cilandak Barat menggunakan beberapa metode yaitu sosialisas, pretest, postest, diskusi dan tanya jawab serta pelatihan/praktek langsung dalam pembuatan tanaman hidroponik. Setelah proses sosialisasi pembekalan dan pelatihan pembuatan tanaman hidroponik dilakukan posttest dan didapatkan hasil posttest rata-rata lebih tinggi dari hasil pretest artinya anak-anak panti asuhan yatim dan dhuafa mizan amanah Cilandak Barat ini mengerti bagaimana menanam tanaman secara hidroponik, jenis media yang dapat digunakan, jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik serta manfaat dari bertanam secara hidroponik.


Full Text:

PDF

References


Dr. Susilawati, M. (2019). Dasar-Dasar Bertanam Secara Hidroponik.

Gunawan, H., Safruddin, & Batubara, L. R. (2021). Pelatihan Budidaya Hidroponik untuk Peningkatan Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi Covid 19 di Desa Silo Baru Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

KEMENTRIAN KESEHATAN RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang.

Kementrian Pertanian. (2017). BUDIDAYA SAYURAN HIDROPONIK (Bertanam tanpa Media Tanah). Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Madusari, S., Astutik, D., Sutopo, A., & Handini, A. S. (2020). Inisiasi Teknologi Hidroponik Guna Mewujudkan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesantren. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2).

Masduki, A. (2017). Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Sempit di Dusun Randubelang, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Jurnal Pemberdayaan, 1(2), 185-192.

Mulasari, S. A. (2018). Penerapan Teknologi Tepat Guna (Penanam Hidroponik Menggunakan Media Tanam) bagi Masyarakat Sosrowijayan Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 425-430.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ