PENYULUHAN DAN PEMASARAN BIBIT IKAN LELE

Muhammad Yahdi, Muhammad Risqi Fadhillah, Rifqi Amanullah, Aminah Swarnawati

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan bagian dari dunia usaha nasional yang diakui oleh negara dan keberadaanya menjadi bagian penting dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia, baik dalam lingkup kecil sampai lingkup yang lebih besar diberbagai daerah.Tapi semua sedang dilanda pandemi Covid-19 yang membuat hampir seluruh umkm justru menjadi sektor paling rentan terkena imbas dari pandemi virus covid. Oleh karena itu masyarakat pemilik usaha perlu memikirkan cara cara agar dapat bertahan selama pandemi.kegiatan yang dilakukan oleh kami adalah pembudidayaan dan pemasaran serta pelatihan digital marketing pada umkm untuk membantu penjualan  dan pemasaran produk selama pandemic Covid-19.Kegiatan ini bertujuan agar pelaku mitra umkm dapat memanfaatkan teknologi berdagang online.Sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi pelaku umkm,memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat sekitar serta memperoleh hasil yang maksimal.cara yang dapat yang dapat diterapkan yaitu dengan terus mengembangkan keunikan produk, memperluas jangkauan pasar,menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan tetap konsisten melakukan promosi dan menjaga kelangsungan produksi bibit lele.


Full Text:

PDF

References


Kurniawan, p. (2017). Pemanfatan media social Instagram sebagai komunikasi pemasaran modern, pengembangan model pendanaan UMKM berdasarkan Persepsi UMKM.

BBC.com. 2019. Covid-19: Virus corona diduga sudah menyebar sebelum pertama kali dilaporkan di China pada Desember 2019.https://www.bbc.com/indonesia/dunia-55197612. Diakses 06/08/2021

Mulyana, Deddy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Madinawati, Serdiati N, Yoel. 2011. Pemberian Pakan yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Lele (Clarias gariepinus). Jurnal Media Litbang Sulteng. 4(2):83-87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ