MEMBANGUN RESILIENSI AKADEMIK PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH 01 TANGERANG SELATAN MELALUI DISKUSI SARASEHAN KESEHATAN MENTAL

Authors

  • Dzu Alif Fadhlan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Firman Catur Adiputro Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anis Setiyanti Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Dampak paling nyata dari fenomena pandemi Covid-19 ini adalah masalah kesehatan yang rumit penanganannya. Selain kesehatan fisik, pandemi Covid-19 juga berdampak pada masalah kesehatan mental. Salah satu kelompok yang rentan mengalami masalah kesehatan mental akibat pandemi Covid-19 ini adalah masyarakat usia remaja yang umumnya adalah peserta didik tingkat menengah atas. Program KKN yang dijalankan Subkelompok Kelompok 11 KKN UMJ ini berusaha menjawab tantangan masalah kesehatan mental yang dialami peserta didik tingkat menengah atas, khususnya pada peserta didik SMK Muhammadiyah 01 Tangerang Selatan. Melalui metode diskusi sarasehan, diharapkan sosialisasi mengenai urgensi masalah kesehatan mental pada remaja dapat menghasilkan output berupa resiliensi akademik sebagai modal upaya bertahan di kala pandemi Covid-19 bagi peserta didik SMK Muhammadiyah 01 Tangerang Selatan.

Author Biographies

Dzu Alif Fadhlan, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Firman Catur Adiputro, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Anis Setiyanti, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Andriani, I., Nugraha, D., & Ernawati. (2020). Pengaruh Teknik Diskusi Sarasehan Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Unggulan Maros Kabupaten Maros. Jurnal Literasi. Volume 4(1), 21-27.

Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self- Esteem, dan Resiliensi terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume 4(4), 491-498.

Damayamti, D. T., & Masitoh, A. (2020). Strategi Koping Siswa dalam Menghadapi Stres Akademik di Era Pandemi Covid-19. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies. Volume 4(2), 185-198.

Hs, A. F. (2002). Organisasi dan Administrasi.

Jakarta Pusat: Manhalun Nasyiin Press.

Ridlo, I. A. (2020). Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental. Volume 5(2), 162-

Semi, M. A. (1993). Terampil Berdiskusi dan Berdebat. Bandung: T. Ilmu.

Sonartra, E. N. (2021). Dampak Pandemi Covid-

Terhadap Kesehatan Mental Anak dan Remaja: Literarur Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. Volume 17 (1), 25-31.

Suriastini, W., Sikoki, B., & Listiono. (2020). Gangguan Kesehatan Mental Meningkat Tajam: Sebuah Panggilan Meluaskan Layanan Kesehatan Jiwa. Research Brief.

Downloads

Published

2021-11-16