PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN UNTUK MENGEMBANGKAN BACAAN AL-QURAN
Abstract
KKN dilaksanakan dengan Panti Asuhan Mizan Amanah sebagai mitra dalam pelaksanaan program KKN dengan tujuan memberikan bantuan kepada anak asuhnya dalam bentuk ilmu, tenaga ataupun sesuatu yang bermanfaat bagi anak Panti Asuhan Mizan Amanah. KKN ini mengambil program penyuluhan dalam Penerapan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Quran untuk Mengembangkan Bacaan Al-Qura’n, dengan tujuan agar para anak di Panti Asuhan tersebut dapat membaaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Metode yang digunakan dalam program ini yaitu penyuluhan dengan memberikan edukasi kepada anak panti asuhan mengenai tata cara membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Program ini dapat meningkatkan pengetahuan anak panti tentang tata cara membaca Al-Qur'an yang baik dan banar dan diharapkan dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Program ini liakukan secara online melalui goolle meet dan offline berlangsung di Panti Asuhan Mizan Cilandak dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.References
Alfianto, E. (2017). PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWAKELAS ATAS SDMUHAMMADIYAH 14 SURAKARTA. 4, 9–15.
Aulia, F. (2020). HUBUNGAN PEMAHAMAN ILMU TAJWID DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS V DI MIN 1 BANDAR LAMPUNG.
Ismail. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI MTs AL-JIHAD BUAGIN KECAMATAN SABRANG SELATAN KABUPATEN LUWU UTARA. Retrieved from http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3363/1/TESIS ISMAIL 2021.pdf
Kusuma, M. (2020). Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid dan Implikasinya terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa dalam Program Semarak Literasi Al-Qur’an. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/16109/1/17771030.pdf
Periong, D. (2018). PENERAPAN ILMU TAJWID TERHADAP MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR. Biomass Chem Eng, 3(2). Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=
Purnamasari, I. (2021). ILMU TAJWID MELALUI METODE QIRO’ATI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN.
Solikhah, L. (2019). Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di MTs Fatahillah Bringin Ngalian Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.