WEBINAR PERAN KOMPETENSI PEDAGOGI DAN PENTINGNYA LITERASI DIGITAL ABAD 21 UNTUK MEMBANGUN GENERASI Z YANG TANGGUH

E’first AR, Arlin Astriyani

Abstract


Di abad 21 terjadi banyak perubahan yang fundamental yang berbeda dengan masa dalam abad sebelumnya. Pendidikan harus dapat mengantarkan peserta didik untuk memahami diri sendiri dan orang lain dengan baik dan benar, serta membekali peserta didik dengan berbagai macam ilmu dan teknologi yang diperlukan dalam hidupnya (Suraji, 2012). Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah kompetensi pedagogi. Melalui pendidikan, diharapkan mampu membekali siswa untuk mengelola pengetahuannya dengan menggunakan teknologi digital. Pentingnya kompetensi literasi digital untuk dimiliki oleh guru dan siswa agar memiliki keahlian memfilter informasi dan bersikap kritis dalam menyikapi informasi yang didapat (Asari et al., 2019). Webinar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021 pukul 9.30 - 11.30 WIB menggunakan Ruang Virtual Zoom Meeting. Peserta yang hadir sebanyak 48 orang dan banyaknya pendaftar menunjukkan antusiasme peserta terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan pelatihan menggunakan berbagai peralatan yang mendukung metode webinar dengan ceramah, presentasi, dan pelaksanaan tugas menulis karya ilmiah, antara lain: Laptop, aplikasi zoom premium, headset dan microphone serta koneksi internet. Materi yang disampaikan adalah pembelajaran literasi digital dan macam-macam aplikasi yang dapat digunakan oleh kita sebagai pelajar dan pendidik. Setelah pelaksanaan kegiatan ini, peserta diminta untuk memberikan feedback berupa kesan/testimoni, kritik, dan saran selama mengikuti kegiatan webinar dan para peserta diberikan materi pelatihan.


Full Text:

PDF

References


Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., & Rahma, N. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98–104.

Basuki, A. (2020). Sistem Pendidikan Bagi Generasi Z ( Gen Z ). Jurnal Lingkar Widyaiswara, 7(01), 43–55.

Mustofa, & Budiwati, B. H. (2019). Proses Literasi Digital Terhadap Anak: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 11(1), 114–130. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619

Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 188–195.

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80.

Suraji, I. (2012). Urgensi Kompetensi Guru. Forum Tarbiyah, 10(2), 236–251.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 - Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 263–278.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ