MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUICERDAS CERMAT MATEMATIKA KELAS XI IPA SMA HANG TUAH 1 JAKARTA

Syafira Putri Alifa, Arlin Astriyani

Abstract


Dalam pembelajaran matematika, sebagian besar siswa masih merasa kesulitan sehingga kurangnya minat belajar pada diri siswa.Untuk mengatasi keadaan tersebut, seorang guru dapat mengajarkan matematika dengan menggunakan metode pembelajaran sehingga pembelajaran matematika menjadi menyenangkan. Salah satunya metode yang dapat digunakan adalah permainan cerdas cermat. Kegiatan cerdas cermat matematika yang dilaksanakan di SMA Hang Tuah 1 jakarta yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Peserta kegiatan ini adalah kelas XI IPA dengan jumlah peserta yaitu 9 orang dengan 1 tim yang terdiri dari 3 orang. Cerdas cermat terdiri dari 2 babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Dalam setiap babak terdiri lagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi utamadan sesi rebutan. Pada babak penyisihan diperoleh 2 tim yang akan masuk ke babak final untuk memperebutkan kandidat juara. Berdasarkan hasil kegiatan, kelas XI IPA 1 lolos babak penyisihan hingga babak final dan memperoleh juara 1 yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. 


Full Text:

PDF

References


Ekasari, F. P. (2013). Pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar Sebagai Langkah Meningkatkan Prestasi di Desa Cibeusi Kecamatan Ciater kabupaten Subang.

Fauzan, M. N., Resdiana, W., & Hamidin, D. (2017). Aplikasi Cerdas Cermat Online Realtime Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika, Vol. 14, No. 1, 22-27.

Fitriani. (2021). Pengaruh Metode C3T (Cerdas, Cermat, Cepat, dan Tepat) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI MA Asy-Syafi'iyah Alabio Pada Materi Program Linear Melalui Pembelajaran Daring Tahun Pelajaran 2020/2021.

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Yang Sekarang dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, Vol.1, No.2, h.30.

Nasution , A. S., & Nurdalilah. (2018). Membangkitkan Minat Belajar Siswa Melalui Lomba Cerdas Cermat. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, Vol 1. No 1.

Putri, Y. P., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X SMA At-Taubah pada Materi SLPTV dengan Metode Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 05, No. 03, 2934-2940.

Silalahi, B. R., & Darwis, U. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lomba Cerdas Cermat (LCC) IPS di SD YPI Dharma Budi kec. Sidamanik Kab. Simalungun. Prosiding UMNAW, (hal. 351-355).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ