EDUKASI TENTANG BAHAYA COVID 19 DAN MENCUCI TANGAN DENGAN BAIK MELALUI KERAJINAN TANGAN BERSAMA BANK SAMPAH BUDI LUHUR

Diana Fitri, M. Ihza Diaz Bassahil, Rika Lestiana, Okta Rosfiani, Cecep Maman Hermawan

Abstract


Coronavirus adalah sekelompok besar virus yang dapat menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan hingga berat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak Bank Sampah Budi Luhur agar lebih mengetahui seberapa bahayanya virus Covid-19  agar terhindar dari penularan COVID-19.Edukasi kesehatan terhadap anak-anak di Bank Sampah Budi luhur ini bertujuan untuk mengingatkan kembali mencuci tangan dengan bersih, karena protokol kesehatan (prokes) yang ada di linkungan Bank Sampah budi  luhur ini sudah baik dan diterapkan namun anak-anak yang cuek karena tidak mengetahui dan belum adanya edukasi terhadap anak-anak ini mungkin bisa menjadi acuan agar lebih di ingatkan kembali pentingnya 3M ini. Sehingga mampu mencegah penularan dan terhindar dari virus Corona-19. Bank sampah merupakan salah satu program yang berada di Universitas Budi Luhur Jl Haji Gaim No 50 RT 10 Rw 02  Petukangan Utara, Pesanggrahan Jakarta Selatan.


Full Text:

PDF

References


Pratiwi, MD Sutera Cahhya dkk . 2017. Pengaruh Metode Bermain Melalui Permainan Ular Naga Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. Tersedia : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/11505. (Diakses 02 Agustus 2021 pukul 15.00 WIB)

Rosarian, Ananda Wini. 2020. Upaya Guru Dalam Membangun interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain. http://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/2332(Diakses pada 02 Agustus 2021 pukul 15.10 WIB)

Anhusadar, Laode. 2020. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/555(Diakses pada 02 Agustus pukul 15.20 WIB)

Fatimah, Nur Siti. 2019. “Bank Sampah Budi Luhur Daur Ulang “Sampah” jadi Permadani Raksasa”. Universitas Budi Luhur [online]. https://www.budiluhur.ac.id/bank-sampah-budi-luhur-daur-ulang-sampah-jadi-permadani-raksasa/(Diakses pasa 20 Juli pukul 20.00 WIB)

Dewi, Dinda Silviana. 2020. Cara Jelaskan Virus Corona ke Anak untuk Cegah Penularan. Tirto.id [online]. https://tirto.id/cara-jelaskan-virus-corona-ke-anak-untuk-cegah-penularan-eDQz (Diakses pada 01 Agustus pukul 15.00 WIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ