PENYULUHAN DAN IMPLEMENTASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) CUCI TANGAN DAN GOSOK GIGI BAGI PENGHUNI ASRAMA CERDAS YATIM & DHUAFA “PELOPOR KEPEDULIAN“ BEJI KOTA DEPOK

Dwiki Hastomo Putra, Adinda Nurfitriyani, Teguh Khairudin, Makroen Sanjaya

Abstract


Penelitian RISKERDAS 2007 tentang pengaruh kebiasaan menyikat gigi terhadap prevalensi karies menyimpulkan bahwa responden yang memiliki kebiasaan menyikat gigi hanya setelah sarapan berisiko karies 1,4 kali dibandingkan dengan yang memiliki kebiasaan menyikat gigi setelah sarapan dan sesudah sarapan dan sebelum tidur malam (Jovina, 2010.Menyikat gigi adalah salah satu prosedur untuk menjaga kesehatan gigi. Kebersihan gigi dan mulut akan terjaga dengan menyikat gigi. Gigi harus disikat pada waktu pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur (Anita, dkk, 2018). Metode/jenis kegiatan yang kami laksanakan berbentuk penyuluhan dan pendampingan dengan metode ceramah, diskusi interaktif, serta praktek. Dengan mengusung tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu mencuci tangan menggunakan sabun dan menggosok gigi dengan baik dan benar. Didapatkan hasil dari program tersebut mereka dapat mengetahui cara menyikat gigi dan cuci tangan dengan baik dan benar.


Full Text:

PDF

References


Datin, I. (2019) ‘Faktor Risiko Kesehatan Gigi dan Mulut’, pp. 2016–2021.

katli ismail, 2018 (2018) ‘FAKTOR-FAKTOR KEJADIAN KARIES GIGI PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BETUNGAN KOTA BENGKULU’, 6(1), pp. 46–52.

Kemenkes (2018) POTRET SEHAT INDONESIA DARI RISKESDAS 2018.

R. Priyambodo, dkk ( 2019 ) (no date) ‘PENGARUH KEKAKUAN BULU SIKAT GIGI TERHADAP PENURUNAN JUMLAH INDEKS PLAK PADA ANAK SEKOLAH DASAR KECAMATAN IWOIMENDA KABUPATEN KOLAKA’.

Siti Alimah Sari, 2018 (2013) ‘KARIES GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS 4-6 DI SDN’.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ