PENDAMPINGAN TERHADAP UMKM (WARKOP) DALAM BERWIRAUSAHA DIMASA PANDEMI COVID 19 AGAR SESUAI DENGAN PROKES, DAN PENYULUHAN TENTANG PENCEGAHAN PENULARAN VIRUS COVID 19 KEPADA PENGUNJUNG WARKOP DAN PENDUDUK YANG TINGGAL DISEKITAR WARKOP

Lanang Lilo Pambudi, Fabio Akbar Zacharia, Rini Harniyanti

Abstract


COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yangbaru ditemukan. Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelummulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. Seiring berkembangnya virus Covid-19 yang terjadi di Wuhan dan berkembang diseluruh dunia, Pencegahan penyebaran virus Covid-19 dilakukan dengan Prokes 5M, mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi.Program kegiatan kepada masyarakat ini merupakan bentuk kerja sama yang dilaksanakan antara dosen dengan mahasiswa yang bertujuan untuk membangun semangat masyarakat dibidang sosial dan ekonomi dalam melawan covid 19 dengan menerapkan protokol kesehatan dan hidup sehat. Kegiatan yang dilakukan adalah membuat poster tentang protokol kesehatan, pembagian masker, pendampingan UMKM, UMJ Peduli dengan pemberian handsanitizer dan sabun cuci tangan kepada pemilik Warkop Dapur Azzam untuk fasilitas Warkop. Melalui program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mampu menimbulkan kesadaran kembali pada masyarakat untuk peduli terhadap kesehatannya dan sekitarnya. Mari terapkan Prokes 5M untuk kebaikan bersama.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. (2018). KECAMATAN CIPUTAT DALAM ANGKA 2018. Tangerang Selatan: Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan.

Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. (2020). KECAMATAN CIPUTAT DALAM ANGKA 2020. Tangerang Selatan: Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan.

Kabar Tangsel.com. (2021). Kantor Wali Kota Tangerang Sealatan. https://kabartangsel.com, 1.

Nugroho, A. S. (2015). Laporan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2014/2015 Kelompok 2041. Yogyakarta: https://eprints.uny.ac.id/28442/1/Laporan Kelompok KKN 2041.pdf.

Pemerintah Kabupaten Kendal. (2021). KENALAN DENGAN COVID-19. Kendal Tanggap Covid, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ