MENGAJAR MENGAJI DI MASA PANDEMI COVID-19 BERSAMA SAHABAT YATIM RAWA MEKAR JAYA

Authors

  • Novia Sari Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Siti Nurni Afnah Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nabila Kamalia Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Oktaviana Purnamasari Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Masih kurangnya pengetahuan mengenai pelajaran bahasa Arab dan tajwid pada anak-anak di Rumah Sahabat Yatim Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, menggerakkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta beserta Dosen Pendamping Lapangan untuk melakukan pengabdian masyarakat guna untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengadian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi belajar anak-anak Sahabat Yatim agar mereka mempunyai semangat yang tinggi untuk belajar, khususnya belajar mengaji. Metode pengabdian masyarakat dilakukan dengan cara sosialisai dan terjun langsung mengajar peserta didik menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini mampu membuat anak-anak Sahabat Yatim RMJ menjadi lebih semangat dalam belajar, khususnya belajar mengaji. Pengetahuan mereka mengenai pelajaran bahasa Arab dan Tajwid pun semakin meningkat. 

Author Biographies

Novia Sari, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Siti Nurni Afnah, Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nabila Kamalia, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Oktaviana Purnamasari, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Razi, F., et al. (2020). Bunga Rampai COVID-19: Buku Kesehatan Mandiri Untuk Sahabat #Dirumahaja. Depok: PD Prokami.

Sulfemi, Wahyu Bagja dan Hilga Minati. (2018). “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri”. JPSD. 4(2), 228- 242.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wardani, L. M., T. Mardiana., dan A. Supriyatna. (2021). “Analisis Metode Pembelajaran IPA dalam Pembelajaran Jarak Jauh saat Wabah Covid-19 di Sekolah Dasar”. Khazanah Pendidikan. 15(1), 42-50.

Downloads

Published

2021-10-28