SOSIALISASI MASKER DOBEL DIMASA PPKM DARURAT COVID-19 DAN KEGIATAN JUMAT BERKAH PADA MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI RT 06 RAWABUAYA, JAKARTA BARAT

Hilda Mutiah, Hoerun Nisa, Rifka Nur Fadhillah, Daniel Handoko

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah pengabdian kepada masyarakat berbasis pemberdayaan yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2021 merupakan salah satu kegiatan berbasis online dimana kegiatan KKN mahasiswa dibatasi karna Negara Kesatuan Republik Indonesia masih terdampak Covid-19. Dalam kegiatan KKN berbasis online ini kami melaksanakan program “Sosialisasi Penggunaan Masker Dobel dan Jumat Berbagi”. Di Indonesia saat ini terdapat varian baru dari virus Covid-19 diaman varian tersebut diberi nama varian Delta. Pemerintah menganjurkan untuk menggunakan masker dobel untuk mengurangi tingkat resiko penularan karna menggunakan masker dobel dapat memberikan efektifitas yang lebih dlam melindungi diri dari penularan virus Covid-19 varian delta. Program KKN ini memiliki kegiatan diantaranya Sosialisasi Masker Dobel, pemasangan poster, pembagian masker, dan kegiatan jumat berkah. Dengan adanya Kegiatan KKN ini diharapkan masyarakat lebih peduli dengan kesehatan dimasa PPKM Darurat ini dengan mematuhi protokol kesehatan.


Full Text:

PDF

References


Meri, Khusnul, Rochmanah Suhartati, Umay Mardiana, Rianti Nurpalah, 2020. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat. , pp.26–33.

Pratiwi, A.D., 2020. Gambaran Penggunaan Masker di Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat di Kabupaten Muna. , pp.52–57.

Fitriasari, E., 2021. Sosialisasi Penggunaan Masker Sebagai Upaya Penerapan Protokol Kesehatan di Masyarakat Desa Kairatu. Journal of Human and Education, Volume 1, pp. 9-11.

Kemenkes, 2020. Pedoman Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 di RT/RW/Desa. In: Buku Pedoman. Jakarta: s.n.

WHO, 2020. Penggunaan Masker dalam Konteks Covid-19, s.l.: s.n.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ