LOMBA MEWARNAI UNTUK ANAK ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19

Debby Itsnani Sya’ban, Azka Anpasa, Wahab Baihaqi, Dadang Herdianyah

Abstract


Kegiatan KKN dilaksanakan diluar kampus dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang semakin meningkat, persepsi mahasiswa tentang relevansi antara kurikulum yang dipelajari dikampus dengan realita pembangunan dalam masyarakat. Adapun tujuan diadakannya program “Lomba Mewarnai Untuk Anak-anak di Masa Pandemi Covid-19 ini adalah mengembangkan kreatifitas anak usia dini, melatih keselarasan motoric,  penguatan percaya diri, sebagai media berekspresi, agar dapat mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat Mewarnai adalah kegiatan yang dapat mengasah kreatifitas anak. Mewarnai juga merupakan salah satu seni yang disukai anak serta mudah untuk dipelajari. Selain itu mewarnai dapat menstimulasi kinerja otak kanan yang sangat penting bagi kecerdasan anak. Kegiatan mewarnai bagi anak usia dini bisa dilakukan dalam berbagai suasana baik di lingkungan prasekolah, di rumah, atau di lingkungan umum. Masing-masing memberikan dampak yang berbeda bagi anak usia dini Manfaat selanjutnya mewarnai dapat melatih fokus anak. Pada saat lomba mewarnai berlangsung terjadi proses di mana anak harus tetap menyelesaikan mewarnai tanpa memperhatikan peserta lain dan kejadian sekitarnya. Apalagi jika lomba dilakukan di tempat terbuka.


Full Text:

PDF

References


Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, 4(1), 65–74. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480

Ni Komang Suni Astini. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13–25.

Novia Nur Kharisma dkk. (2020). Gambaran Kebutuhan Pembelajaran Daring PKBM Budi Utama Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Non Formal, 15(1), 38–44

Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat COVID-19. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(7), 1-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ