MENGEMBANGKAN EDUKASI BACA TULIS AL-QUR’AN DAN POLA HIDUP SEHAT DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN QURRATU’AIN

Authors

  • Ade Silvia Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Halimah Tus Sakdiah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ashfya Dhilla Nur Azmi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aminah Swarnawati Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Kegiatan ini dilatar belakangi karena sebelum pandemic, kegiatan belajar di TPQ Qurratu’ain berjalan dengan baik dan menghasilkan siswa-siswi yang berprestasi dengan nilai yang terbaik. Akan tetapi karena situasi pandemi Covid-19 maka setiap kelas siswa-siswi diperkecil jumlahnya yang mengakibatkan kurang efektif dalam waktu menjadi cukup lama dan padat, dengan guru yang jumlahnya terbilang sedikit. Oleh karena itu, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membantu kegiatan bimbingan belajar (BIMBEL), yaitu mengajar baca Iqra/Al-Qur’an, mewarnai, dan edukasi pola hidup sehat (Pohis) di masa pandemi agar siswa-siswi TPQ Qurratu’ain bisa menerapkan di kehidupan sehari-harinya bagaimana menjaga pola hidup sehat di masa pandemic. Dampak dari kegiatan KKN ini adalah: 1) Antusias anak-anak dalam kegiatan bimbingan belajar. 2) Peningkatan pengetahuan anak-anak dalam melaksanakan atau mengikuti belajar bersama. 3) Terciptanya kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19.

Author Biographies

Ade Silvia, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Halimah Tus Sakdiah, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ashfya Dhilla Nur Azmi, Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Aminah Swarnawati, Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Srijatun. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, Retrieved from https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/Pembelajaran%20BTA

Cipta, P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19, 1(2), Retrieved from http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/IJEC/article/view/557

Arifiyanti, N., & Prasetyo, I. (2018). Personal Hygiene Learning in Preschool Classroom.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/23170

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No.91 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an https://ditpdpontren.kemenag.go.id/web/wp-content/uploads/2020/07/Juknis-Penyelenggaraan-TPQ.pdf

Downloads

Published

2021-10-28