INTERNALISASI NILAI KEBIJAKSANAAN DAN TANGGUNGJAWAB

Deni Harsalisaman Julio Putra, Muhammad Farhan Ramadhan, Gilang Dwi Fadhlur Rahman, Sokhivah Sokhivah

Abstract


Nilai pendidikan karakter merupakan dasar, pegangan, dan pedoman dalam tingkah laku serta bersikap bagi setiap orang. Pendidikan karakter dipahami sebagai pengembangan nilai-nilai karakter dalam diri seseorang yang diterapkan dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif, dan kreatif. Tanggungjawab dipahami sebagai perilaku seseorang yang menunjukkan sikap menerima berbagai konsekuensi atas tindakan yang telah dilakukan. Metode pelaksanaan yang diberikan melalui kegiatan edukasi Internalisasi Nilai Kebijaksanaan dan Tanggungjawab secara langsung kepada anak-anak TPA Al Manaar. Dalam Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara online namun ada sebagian program tetap dapat dilaksanakan secara langsung di lapangan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Pada saat kegiatan dilaksanakan, para peserta belum bisa mengikuti secara aktif dalam pembelajaran dikarenakan dari total 14 anak yang hadir, hanya 40% anak yang berperan aktif dalam kegiatan karena dapat dikategorikan anak yang sudah berusia 9 – 10 tahun. Sedangkan sisanya masih berusia 5 – 8 tahun yang secara umum masih belum dapat memahami materi yang disampaikan. Rata-rata peserta didik belum memiliki kesiapan baik itu dari sisi ilmu pengetahuan maupun sikap dan perilaku sehingga harus beradaptasi terlebih dahulu dengan suasana kelas. Untuk memancing keaktifan para peserta, kami harus menjanjikan suatu reward atau hadiah terlebih dahulu supaya mereka mau untuk bisa berperan aktif didalam kegiatan pembelajaran. Dari pelaksanan kegiatan program kerja ini, masih terdapat banyak kekurangan, baik itu dari peserta didik, penyampaian materi, maupun sumber daya masyarakat. Tetapi dibalik dari kekurangan itu, menjadi acuan kami untuk terus melakukan evaluasi dan menghasilkan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah-masalah pada saat kegiatan berlangsung.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2005. Strategi Belajar Mengajar,

Bandung: Pustaka Setia.

Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif (Focus Group Discussion). Jakarta : Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lickona, T. 2012. Character Matters: Persoalan Karakter, (terj. Juma Wadu Wamaungu & Jean Antunes Rudolf Zien dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani). Jakarta: Bumi Aksara.

Salahudin, Anas. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Soekanto. Mamudji. 2001. Penelitian Hukum Normatif (Suatu Tinjauan Singkat). Jakarta: Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ