PENGABDIAN MASYARAKAT PELATIHAN PEMANFAATAN MINYAK JELANTAH UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT

Agung Mustafid, Anisa Salma Magfirah, Ukir Widya Ningsih, Tri Yuni Hendrawati

Abstract


Minyak jelantah berasal dari minyak goreng yang telah di pakai berkali-kali sehingga dapat merubah struktur fisik dan kimianya. Minyak goreng seperti ini memiliki sifat karsinogenik (penyebab tumbuhnya sel kanker) sehingga tidak aman lagi untuk digunakan dan dikonsumsi. Limbah minyak jelantah ini biasanya berasal dari minyak jagung, minyak sayur, minyak samin dan sebagainya. Pada masa pandemic  ini banyak sekali penurunan tingkat perekonomian di tingkat masyarakat kecil sehingga menimbulkan pengangguran dan dalam menggapi hal tersebut haruslah melakukan inisiatif dalam pemanfaatan apapun yang ada di sekitar. Dalam hal ini maka di adakannya WEBINAR yang dapat membantu masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan minyak jelantah menjadi hal yang berguna dan untuk menjaga kesehatan kita dari bahayanya minyak jelantah. Kami melakukan penelitian disuatu mitra yang menyediakan program pengolahan minyak jelantah yang berada di Cinangka Sawangan Kota Depok bernama KKS Jelita (Koperasi Konsumen Syariah Jejaring Lingkungan Kota),  berawal dari kegiatan Komunitas  SI Jelita (Inspirasi Jelantah untuk Lingkungan Kita). Komunitas yang bergerak di perlimbahan atau persampahan dan lebih spesifik ke minyak jelantah. Metode Penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan melakukan  Observasi dan    Interview, WEBINAR ini melakukan kegiatan yang bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat akan bahaya minyak jelantah dan ada KKS Jelita yang menyediakan program pengolahan minyak jelantah dari masyarakat untuk dihasilkan produk yang berguna.


Full Text:

PDF

References


Blumethal (1991), Mazzal dan Qi (1992), sertaTyagi dan Vabistha (1966). Pengolahan Minyak Goreng Bekas (Jelantah) Sebagai Pengganti Bahan Bakar Minyak Tanah (Biofuel) Bagi Pedagang Gorengan Di Sekitar FMIPAUNNES. Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Natalia Erna S., Wasi Sakti Wiwit P, 2017. Pengolahan Minyak Goreng Bekas (Jelantah) Sebagai Pengganti Bahan Bakar Minyak Tanah (Biofuel) Bagi Pedagang Gorengan Di Sekitar FMIPAUNNES. Jurnal rekayasa. Vol. 15 No. 2, Desember 2017.

Mahbubul W,Ahmad S, Anisa KDPS, 2020. Pemanfaatan Bahan Rumah Tangga dalam Pembuatan Sabun Cair dari Sabun Batang di Masa Pandem. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. 25 Juni-25 Agustus 2021 (hlm 1-6)

Wikipedia, 25 Maret 2021. Minyak Jelantah. Website:https://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_jelantah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ