PENYULUHAN KESEHATAN ONLINE MELALUI VIDEO EDUKASI TENTANG DAMPAK PENYAKIT KOMORBID TERHADAP FATALITAS COVID-19 KEPADA WARGA RT 01/RW 13 KECAMATAN BOJONG SARI KOTA DEPOK

Jovita Melvira, Alfiah Ismiana, Muhammad Arthur Gunawan, Kurniawan Kurniawan

Abstract


Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum mununjukan trend positif. Seiringan dengan hal tersebut, bermunculan istilah-istilah dalam bidang kesehatan yang terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, tak terkecuali bagi warga di Rt 01/13 Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Salah satu istilah yang marak terdengar belakangan ini adalah kata “komorbiditas” atau “komorbid”. Maraknya berita hoax, dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai istilah kesehatan seperti komorbid, membuat penyuluhan dan edukasi menjadi hal penting yang harus dilakukan. Terlebih bila kita melihat data, komorbid merupakan faktor utama penyebab kematian pasien Covid-19. Dalam situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan akibat pandemi Covid-19, penyuluhan dengan metode online merupakan pilihan yang paling tepat, terlebih adanya pandemi membuat pola hubungan masyarakat berubah, sehingga kegiatan online sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Konsep penyuluhan dengan menggunakan video ringan yang diupload diplatform digital, juga memungkinkan warga dari berbagai kalangan usia bisa menonton, sehingga lebih bisa menjangkau ke semua kalangan, termasuk para remaja dan anak-anak di Rt 01/13 Kecamatan Bojong Sari.


Full Text:

PDF

References


Kemenkes. (2017). Promosi Kesehatan. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp content/uploads/2017/08/Promkes-Komprehensif.pdf. Diakses 4 Agustus 2021.

Pardiyanto, M. A. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Upaya Pencegahan Wabah Covid 19. Spektrum, 17, No 2(2), 23–17.

Putri, A. O., Rahmadayanti, T. N., Chairunnisa, A. R., Khairina, N., & Santi, S. (2021). PENYULUHAN ONLINE DENGAN BOOKLET DAN VIDEO SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN HIPERTENSI. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 451.

Susanti, Nurlaili. (2021). Komorbid Obesitas Sebagai Resiko Keparahan Covid-19. https://fkik.uin-malang.ac.id/wp-content/uploads/2021/02/Covidpedia-fulltext.pdf. Diakses 4 Agustus 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ