PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QURAN

M. Ramadhan Syahdinur, Usman Alfarisi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode membaca dan menghafal Alquran yang diterapkan Yayasan Mafaza Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru tahfidz dan informan penelitian meliputi pengajar tahfidz serta peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode kuliatitatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan data metode mengajar dan menghafal Alquran yang diterapkan di Yayasan Mafaza Nusantara di kota Tangerang Kp. Gaga  adalah metode Iqra dan Tabarak. Faktor pendukung program menghafal Alquran adalah ruang belajar yang kondusif, penggunaan media dalam kegiatan membaca dan menghafal, dan dukungan orangtua yang membantu proses menghafal anak di rumah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah anak yang bermain atau mengantuk dalam kegiatan menghafal, anak yang terlambat atau tidak hadir ke Yayasan, dan kesibukan orangtua sehingga tidak sempat mengulang hafalan anak di rumah. Upaya yang dilakukan dalam mencapai keberhasilan program menghafal Alquran adalah pengadaan buku muraja’ah yang dievaluasi oleh orangtua setiap harinya, bimbingan dan kontroling hafalan anak selama di rumah, pertemuan pihak sekolah dengan orangtua, kewajiban orangtua mengantarkan anak tepat waktu ke Yayasan Mafaza Nusantara serta membatasi pemakaian TV dan gadget pada anak.


Full Text:

PDF

References


Fitria, Nurdini Bismi. (2016). “Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al quran Pada Anak Usia Dini di TK Mutiara Qurani Bantul”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 7 Tahun ke- 5 2016. Hlm 778.

Hariyatin, Wahyu Eko & Marhumah. (2017). “Method of Memorizing the Qur’an In Early Childhood Period (Case Studies in TKIT Yaa Bunayya and RA Darussalam Yogyakarta)”. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education vol.2 No 1 June 2017. Hlm 90.

Hidayah, Aida. (2017). “Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafidz Quran Cilik Mengguncang Dunia). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al- Qur’an dan Hadits Vol. 18 No. 1 Januari 2017. Hlm 59.

Irsyad, Mohammad & Nurul Qomariah. (2017). “Strategi Menghafal Al-Qur’an Sejak Usia Dini”. Proceedings The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education Vol. 2 August 2017. Hlm 142.

Islamiah, Fajriyatul, Lara Fridani & Asep Supena. (2019). “Quran Memorizing Education Concept in Early Childhood”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 Issue 1 2019. Hlm. 28.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Rosda.

Sayyid, Salafuddin Abu. (2013). Balita pun Hafal Al-Qur’an. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Qomariah, Nurul & Mohammad Irsyad. (2016). Metode Cepat dan Mudah Agar Anak Hafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Semesta Hikmah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ