EDUKASI PENGGUNAAN MASKER YANG SESUAI DENGAN ATURAN KEMENTRIAN KESEHATAN DAN CARA MENGOLAH STRESS DI MASA PANDEMI COVID 19 MENGGUNAKAN MEDIA POSTER

Muhammad Gugi Nur Fauzan, Delia Rosinta, Syahrul Bahtiar, Sugiatmi Sugiatmi

Abstract


Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dinyatakan oleh WHO sebagai pandemi dan Pemerintah Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah menyatakan Covid-19 sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang wajib dilakukan upaya penanggulangannya. Namun sampai saat ini banyak masyarakat yang masih lalai dalam memperhatikan protokol kesehatan terlebih di Era New Normal iniStress berakibat pada menurunya system imun tubuh. Tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan 3M masih belum memuaskan. Ketidakpatuhan penerapan 3M juga ditemukan di lokasi mitra Kuliah Kerja Nyata Kelompok 76 melalui observasi lapangan.  Hasil diskusi dengan ketua RW 06, Kelurahan Pondok Cabe Udik Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan selaku mitra, kepatuhan penerapan 3M memang menjadi masalah di RW tersebut, sehingga disusun peogram edukasi penerapan protocol kesehatan 3M.  Sasaran program edukasi yaitu masyarakat sekitar lingkungan RW 06  Edukasi diberikan dengan menempel poster tentang penggunaan masker yang sesuai dengan aturan kementrian kesehatan dan juga poster tentang mengolah stress di masa pandemi selama 7 hari di lingkungan RW 06 perumahan Pondok Cabe Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi bagaimana cara penggunaan masker yang sesuai dengan standar kementrian kesehatan dan juga untuk mengedukasi bagaimana cara mengelola stress di masa pandemi seperti sekarang. Hasil edukasi melalui media poster menunjukkan pengetahuan masyarakat yang bertambah mengenai penggunaan masker yang sesuai dengan anjuran kementrian kesehatan dan juga cara mengolah stress di era pandemi covid 19. Dan penempelan poster berdampak baik di lingkungan sekitar rw 06 karena jadi banyak warga yang mengetahui cara penggunaan masker yang sesuai dengan standar kementrian kesehatan dan juga untuk mengedukasi bagaimana cara mengelola stress di masa pandemi


Full Text:

PDF

References


Aufar, A. F., & Raharjo, S. T. (2020). Kegiatan Relaksasi Sebagai Coping Stress Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 157. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29126

Buana, D. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Jurnal Social Dan Budaya.

Moh, M. (2020). Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Panjaya, Y. A., Lestari, T. P., Khasanah, C., Sa’adah, U. F., Widyastusi, L., Adi, P., Anugrah, A., & Bayu, M. (2014). Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pos Pemberdayaan Masyarakat (POSDAYA) Slaikers Desa Tratemulyo Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. In Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Issue 5302411044).

Putri, S. I. (2020). Studi Literatur: Efektivitas Penggunaan Masker Kain dalam Pencegahan Transmisi Covid-19. Jurnal Kesehatan Manarang, 6(khusus), 10.

Silitonga, E., Saragih, F. L., & Oktavia, Y. T. (2021). Sosialisasi Penerapan 3M Dalam Upaya Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Masyarakat Kota Medan. Jurnal Adimas Mutiara, 2(1), 120–127.

Utoyo, Arsa, W. (2020). Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media Komunikasi Mendorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi Covid 19. Jurnal Lugas: Bina Nusantara University., vol.4.

WHO. (2020). Corona Virus Disease.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ