Penerapan Media Audio Visual Pada Kisah Nabi Ibrahim Dan Nabi Ismail Sebagai Asal Usul Hari Raya Idul Adha

Adinda Novita, Amelia Novita, Zakiyuddin Zakiyuddin, Okta Rosfiani, Cecep Maman Hermawan

Abstract


Program kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat dalam Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun 2021, kegiatan ini dilaksanakan secara terbatas dalam hal pertemuan atau tatap muka. Ini disebabkan karena adanya sebuah pandemi yaitu covid-19, pandemi ini telah membuat hampir seluruh kegiatan masyarakat di Indonesia menjadi terbatas dan tidak bebas seperti yang biasa dilakukan dan sering diistilahkan kegiatan normal. Meski begitu kegiatan harus tetap berjalan, dalam hal ini Mahasiswa peserta KKN kelompok 01 tetap melakukan kegiatannya di TPQ Qurrata’ain, kegiatan ini dengan memperhatikan zonasi pandemi covid-19. Fokus utama dari kegiatan ini adalah penyajian audio visual sebagai suatu cara agar kegiatan belajar tetap produktif, sekaligus untuk tidak menimbulkan kejenuhan bagi anak-anak yang menjadi peserta didik. Selain itu dalam pelaksanaan juga tetap memperhatikan protokol kesehatan pada saat pendampingan belajar ini, sehingga meski dalam suasana yang menyenangkan bukan berarti mengabaikan protokol kesehatan. Dari rangkaian kegiatan ini diharapkan para peserta didik semakin terbiasa dengan suasana ini, sehingga dapat memaklumi adanya ketentuan menjaga jarak dan memakai masker dalam setiap berkegiatan di luar rumah.


Full Text:

PDF

References


Handayani. D., Hadi, D, R., Isbaniah, F., Burhan, E., Agustin, Heidy., Penyakit Virus Corona 2019, Jurnal Respirologi Indonesia, Volume 40, Nomor 2, April 2020. Diakses dari https://jurnalrespirologi.org/index.php/jri/article/download/101/110

Lawan Covid-19, diakses pada Juli 25, 2021. Dari website tanggap Covid-19 Kota Tangerang Selatan https://lawancovid19.tangerangselatankota.go.id/

Kemenkes PADK, 5 M dimasa Pandemi Covid-19 di Indonesia, Diakses pada Juli 25, 2021. Dari website http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2021/02/01/46/5-m-dimasa-pandemi-covid-19-di-indonesia.html

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576

Maryamah, M., & Effendy, M. H. (2019). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat pada Siswa Kelas XI di MA Al-Falah Tlanakan Pamekasan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v1i1.2990

Melawati. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Pada Sekolah SMP AL-Munib. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 154–160.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ