DAMPAK PSIKOSOSIAL TERHADAP PENYINTAS COVID-19

M. Zainal Arifin, Adisya Dhiya Ulhaq, Dina Febriani Darmansyah

Abstract


Metode Penelitian   ini   merupakan   jenis penelitian  kualitatif  dengan  metode wawancara yang peneliti gunakan yaitu dengan mengundang dua narasumber yaitu Kak Nabila sebagai narasumber pertama sekaligus penyindas Covid-19 dan Kak Bachtiar Muslim, S.Tr.Sosial sebagai narasumber. Sehat itu mahal. Begitulah kiranya pernyataan yang kini tengah banyak diamini oleh masyarakat dunia. Tingginya jumlah kasus yang terkonfirmasi dan kematian akibat COVID19 menimbulkan kecemasan dan ketakutan pada masyarakat (C.-Y. Lin, 2020). Covid-19 juga berdampak pada keadaan sosial dimana kurangnya interaksi sosial yang dilakukan antar masyarakat karena pembatasan sosial (Yanuarita et al., 2021). Salah satu dampak yang sangat signifikan adalah dampak sosial yang dialami oleh para penyintas Covid-19 laibat dianggap membawa penyakitanular (Dahono, 2020). Meskipun pemyintas telah dinyatakan sembuh, namun secara alami masih memiliki rasa takut menularkan kepada orng lain (Syarief, I.S., 2021). Pada hasil pembahasan berisi Pada podcast dengan tema “Dampak Psikososial Terhadap Penyintas Covid-19” yang dihadiri oleh 2 narasumber membahas tentang membahas hal yang berbeda, Pada podcast ini juga membahas tentang kita harus mematuhi peraturan pemerintah dengan menerapkan PPKM untuk membantu menurunkan angka positif di indonesia yang sudah sangat tinggi.


Full Text:

PDF

References


Apriani, V., Utamidewi, W., & Nurkinan, N. (2021). KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL DAN MAKNA DIRI PENYINTAS COVID-19 DI JAKARTA. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(1), 81-96.

Ratnawulan, I., & Pelupessy, D. C. (2021). Mengurangi Stigma Sosial terhadap Penyintas COVID-19 melalui Metode Kontak Bayangan. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 2(1), 52-60.

Riyantie, M., & Romli, R. (2021). PENGALAM KOMUIKASI PENYINTAS COVID 19. KOMUNIKATA57, 2(1), 18-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ