EDUKASI COVID-19 DENGAN MENERAPKAN CARA MECUCI TANGAN YANG BENAR DAN PENEREPAN NEW NORMAL DI MASA PANDEMI

Nur Afifah Arma P, Niesa Suryadianti P, Hanip Hanip

Abstract


Program kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat dalam Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun 2021, kegiatan ini dilaksanakan secara terbatas dalam hal pertemuan atau tatap muka. Ini disebabkan karena adanya sebuah pandemi yaitu covid-19, pandemi ini telah membuat hampir seluruh kegiatan masyarakat di Indonesia menjadi terbatas dan tidak bebas seperti yang biasa dilakukan dan sering diistilahkan kegiatan normal. Meski begitu kegiatan harus tetap berjalan, dalam hal ini Mahasiswa peserta KKN kelompok 24 tetap melakukan kegiatannya di Kampung Ciater Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong , Kota Tangerang Selatan, kegiatan ini dengan memperhatikan zonasi pandemi covid-19. Fokus utama dari kegiatan ini adalah mengedukasi kan tentang COVID-19 melewati audio visual sebagai suatu cara agar terhindar dari penularan virus corona kegiatan belajar tetap produktif, sekaligus untuk menerapkan bagaimana mencuci tangan yang baik pada masa pandemic, bagi anak-anak yang menjadi peserta didik juga mendapatkan pengertian harus menerapkan peraturan New Normal Selain itu dalam pelaksanaan juga tetap memperhatikan protokol kesehatan pada saat pendampingan belajar ini, sehingga meski dalam suasana yang menyenangkan bukan berarti mengabaikan protokol kesehatan. Dari rangkaian kegiatan ini diharapkan para peserta didik mengerti mengapa virus corona bisa menularkan, bagaimana bertahan hidup di masa pandemic dengan melakukan New Normal dan selalu mencuci tangan yang benar dengan suasana ini, sehingga dapat memaklumi adanya ketentuan menjaga jarak dan memakai masker dalam setiap berkegiatan di luar rumah.


Full Text:

PDF

References


Coronavirus Disease 2019. Review of Current Literatures. 2020;7(1), 45–77.

Rothan HA, B. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. Journal of Autoimmunity. Academic Press, p. 102433.

Susilo A, et al. (2019). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini

Maruti, AH. (2020). Pentingnya Edukasi Masyarakat yang Tidak Memiliki Akses Digital Terkait Covid-19. https://jogja.tribunnews.com/2020/04/23/pentingnya-edukasi-masyarakat-yang-tidak- memiliki-akses-digital-terkait-covid-19

Megawati, A. (2018). Peningkatan Kualitas Kesehatan Anak Dengan Penerapan Cara Mencuci Tangan Yang Benar Dan Pengenalan Tentang Obat Kepada Anak Usia Dini . Jurnal Pengabdian Kesehatan, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ