MEMBANGUN KARAKTER ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENYULUHAN ANTIKORUPSI DENGAN MENDONGENG BERSAMA KOMPAK UMJ

Festia Dwi Cahyani, Sekar Fitri Andini, Anisah Meidiana, Dessy Iriani Putri

Abstract


Di Indonesia, pandemi Covid-19 berpengaruh besar terhadap semua bidang, termasuk bidang Pendidikan. Rata-rata semua Lembaga Pendidikan terdampak covid-19. Salah satu dampak pandemi covid-19 terhadap sistem Pendidikan disemua global yaitu diberhentikannya proses belajar mengajar disekolah serta penutupan semua sekolah, madrasah, universitas & pondok pesantren. Suyadi (dalam Subiyantoro, 2012:2) menjelaskan bahwa menurut para psikolog, masa kanak-kanak adalah masa yang penuh dengan imajinasi. Anak mempunyai daya imajinasi yang lebih beragam dari pada orang dewasa. Terlebih lagi ketika anak-anak bermain peran, yaitu memerankan tokoh dari sebuah cerita, maka imajinasinya akan menghidupkan daya fantasinya sehingga ia seolah-olah benar-benar menjadi sosok yang diperankannya tersebut. Selain itu, anak juga mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Selain itu, membacakan dongeng juga dapat merangsang rasa ingin tahu anak, mengembangkan imajinasinya sekaligus mempelajari nilai-nilai karakter yang ada dalam cerita dongeng. Metode yang dipilih adalah penyuluhan dan edukasi mengenai nilai-nilai antikorupsi seperti tidak jujur, bermalas-malasan dan sebagainya melalui dongeng. Peserta pada kegiatan pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan melalui Live Instagram KOMPAK UMJ dengan KKN UMJ Kelompok 13 yaitu kurang lebih sebanyak 15 orang, dimana 15 orang tersebut merupakan pengikut dari Instagram tersebut.


Full Text:

PDF

References


Novriansyah, D. (2020). Angka Pengguna Internet Naik 73, 7 Persen di Masa Pandemi Covid-19. Pikiranrakyat.Com, v, 12–14.

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. 1(1), 21–29.

Husin, H., & Sawitri, S. (2021). Covid-19 Tingkat Stres Belajar Anak-Anak Di Daerah Terpencil. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 101. https://doi.org/10.35931/am.v5i2.542


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ