KULIAH KERJA NYATA KELOMPOK 6 TIM 4 PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PEMOTONGAN HEWAN KURBAN DI MASJID AN-NI’MAH PONDOK LABU, JAKARTA SELATAN

Irawan Syahputra, Annisa Unafti, Dewi Putri Syarifah, Mulkan Habibi

Abstract


Kuliah kerja nyata merupakan suatu program yang mengharuskan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuannya kedalam ranah praktik ditengah-tengah masyarakat. Kuliah kerja nyata dilakukan oleh mahasiswa merupakan salah satu bentuk konkritisasi dan perwujudan dari tri dharma perguruan tinggi yaitu “pengabdian kepada masyarakat”. Permasalahan yang dialami mitra kami yaitu adalah keterbatasan panitia dalam penyelenggaraan pemotongan hewan kurban. Oleh karena itu KKN Kelompok 6 UMJ 2021 berusaha untuk mengatasi persoalan tersebut dengan pendampingan pelaksanaan pemotongan hewan kurban secara syariat islam dan sehat, dalam penyelenggaraan pemotongan hewan kurban dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan yang ketat. Hal ini mengingat bahwa saling menolong merupakan kewajiban bagi setiap manusia. Adapun metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan cara ke lapangan secara langsung yang dilaksanakan di Masjid An-Ni’mah Pondok Labu, Jakarta Selatan. Hasil yang didapatkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah selama kegiatan berjalan dengan lancar dalam penyelenggaraan pemotongan hewan kurban.


Full Text:

PDF

References


KEBUDAYAAN, K. (2020). Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Dajan Peken Kecamatan Tabanan Kabupaten …. Sipadu.Isi-Ska.Ac.Id. https://sipadu.isi-ska.ac.id/mhsw/laporan/laporan_6608200913204448.pdf (Accessed: 25 July 2021).

Sari, A. M. (2020). LAPORAN KULIAH KERJA NYATA KKN DARING COVID-19 Adya Mustika Sari Jorong / Dusun / RW : RT 04 Kenagarian / Kelurahan : Kelurahan Sungai Penuh Kabupaten / Kota Provinsi : Kota Sungai Penuh : Jambi UNIVERSITAS NEGERI PADANG. In Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan covid-19 serta Cacitabanar menggunakan Vipam (Video dan Pamflet) melalui Servitubramter dan pembagian MES untuk Ibu-ibu PKK RT 04 Kelurahan Sungai Penuh, Kecamatan Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. (Accessed: 25 July 2021).

Dunia masjid org, masjid An;nimah, 2015 (Accessed: 24 July 2021).

Wasyim, A. Al. (2015). Etika Penyembelihan Hewan dan Jaminan Keamanan Pangan. In Jurnal Syariati (Vol. 1, Issue 1). (Accessed: 2 Agustus 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ