PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN BERCOCOK TANAM ORGANIK SECARA HIDROPONIK PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH SAWANGAN SAAT PANDEMI COVID - 19

Sarah Dwi Cahyani, Irwin Muhammad

Abstract


Masalah pengetahuan yang terjadi pada kalangan siswa Sekolah Dasar (SD) terhadap kondisi lingkungan bisa dibilang cukup memprihatinkan. Terlepas dari pentingnya lingkungan terhadap manusia, sebagai salah satu contoh pada siswa SD Muhammadiyah Sawangan yang mayoritas tidak mengetahui pemahaman mengenai jenis dari beberapa tanaman, dan adakalanya tidak mengetahui fungsi dari beberapa jenis tanaan tersebut. Pada zaman era digital seperti sekarang bayak pemanfaatan yang bisa digunakan dalam ruang lingkup pertanian seperti contohnya penggunaan barang bekas yang banyak dijadikan sebagai media penananaman berbagai jenis tanaman itu sendiri. Seperti contohnya, botol bekas, ban bekas, serta alat bekas lainnya. Selain digunakan sebagai pemanfaatan barang bekas juga dapat digunakan untuk menambah nilai estetik pada suatu tanaman. Dapat diketahui bahwa barang bekas banyak yang tidak dapat terurai dengan baik terlebih dalam waktu yang lama. Maka dari itu solusi yang dapat digunakan adlah pemanafaatan barang bekas yang sangat berguna pada lingkup anak –anak Sekolah Dasar (SD)


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2020. Rencana Strategis Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2020-204. Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud No. 3928/B/HK/2020.

Putri Melinda. 2020. Implementasi Kegiatan Bercocok Tanam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usi 5-6 Tahun Kelompok B di Tk Dharma Bakti Kota Bengkulu, IAIN Bengkulu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ