MENDIDIK DAN MEMOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL AL – QUR’AN JUZ 30 DI YAYASAN PANTI ASUHAN BIMA AZ – ZAHRA TANGERANG SELATAN BANTEN

Authors

  • Febi Ananda Putri Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Afifah Nurussalam Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Suherman Suherman Kesehatan Maasyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi dan membimbing peserta didik dalam menghafal Al-quran terutama pada juz 30. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu santri Yayasan panti asuhan Bima Az- ahra yang di damping oleh Pembina dan pengurus Yayasan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Faktor pendukung program menghafal Alquran adalah ruang belajar yang kondusif, penggunaan media dalam kegiatan menghafal, dan dukungan dari sekitar lingkungan dimana mereka tinggal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah anak yang bermain atau mengantuk dalam kegiatan menghafal. Upaya yang dilakukan dalam mencapai keberhasilan dengan memberi motivasi, mengarahkan, membimbing peserta didik dalam menghafal Al- quran dengan baik dan mudah.

Author Biographies

Febi Ananda Putri, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Jakarta

Afifah Nurussalam, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Jakarta

Suherman Suherman, Kesehatan Maasyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kesehatan Maasyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Sada Heru Juabdin ( 2015 ) Pendidikan Dalam Prespektif Al – Quran Volume 6,. Lampung

Downloads

Published

2021-10-28