MENDIDIK DAN MEMOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL AL – QUR’AN JUZ 30 DI YAYASAN PANTI ASUHAN BIMA AZ – ZAHRA TANGERANG SELATAN BANTEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi dan membimbing peserta didik dalam menghafal Al-quran terutama pada juz 30. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu santri Yayasan panti asuhan Bima Az- ahra yang di damping oleh Pembina dan pengurus Yayasan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Faktor pendukung program menghafal Alquran adalah ruang belajar yang kondusif, penggunaan media dalam kegiatan menghafal, dan dukungan dari sekitar lingkungan dimana mereka tinggal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah anak yang bermain atau mengantuk dalam kegiatan menghafal. Upaya yang dilakukan dalam mencapai keberhasilan dengan memberi motivasi, mengarahkan, membimbing peserta didik dalam menghafal Al- quran dengan baik dan mudah.References
Sada Heru Juabdin ( 2015 ) Pendidikan Dalam Prespektif Al – Quran Volume 6,. Lampung