Edukasi Masyarakat dalam Meningkatkan Sikap Waspada dan Tenang di Masyarakat Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Demi Terciptanya Imunitas Yang Kuat

Latifah Khumairah, Mutia Pawitri, Wahyudi H, Henni Wijayanti

Abstract


Covid-19 merupakan virus yang meresahkan dunia hingga saat ini. Berbagai belahan dunia telah merasakan dampak dari adanya serangan virus ini. Salah satu hal yang perlu kita waspadai adalah bahwa vrirus ini ditularkan melalui kontak langsung melalui percikan dari saluran napas orang yang terinfeksi (yang keluar melalui batuk dan bersin). Selain itu, seseorang juga dapat terinfeksi hanya dengan menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi. Walaupun virus ini terus menyebar, tindakan preventif yang dapat mencegah penularan lebih jauh perlu terus dilakukan. Ditengah meningkatnya kasus Covid-19 saat ini berbagai himbauan dari pemerintah dalam menangani pandemi ini yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun, memakai handsanitizer atau antiseptik ketika hendak keluar, memakai masker, menyemprotkan disinfektan, menghindari kerumunan massa, menjaga jarak dengan orang lain, belajar dirumah, beribadah dirumah, dan himbauan lainnya yang harus kita patuhi. Ketika ada himbauan dari pemerintah, Pertahanan untuk menghadapi Covid-19 sendiri adalah imun masing-masing dari individu. Karenanya, imun setiap individu harus kuat serta dibarengi dengan yakin atau optimis bahwa masyarakat Indonesia mampu menghadapi Covid-19 dengan tenang tidak gegabah.


Full Text:

PDF

References


Advokasi, D. (2020). Pandemi dan Mental Health: Meringkas Isu Kesehatan Mental selama Satu Tahun di Era Pandemi.

Kemenkes. SITUASI TERKINI PERKEMBANGAN NOVEL CORONAVIRUS (COVID-19). 2021;

Supriatna, Eman. "Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam." SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 2020: 555-564.

Thaib, Zamakhsyari Bin Hasballah. "PANDANGAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI WABAH COVID 19 DAN NEW NORMAL." Webinar. Medan: Universitas Sumatera Utara dengan Pemerintah Kota Medan, 2020. 1.

Quyumi E, Alimansur M. UPAYA PENCEGAHAN DENGAN KEPATUHAN DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 PADA RELAWAN COVID. 2020;4(1):81–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ