PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN INOVASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TOKO KUENAK DI CIPUTAT TIMUR

Indirahma Putri Zahra, Khoirunnisa Khoirunnisa, Ayu Minarti, Eka Silfiani, Hanisa Yustia, Usman Alfarisi

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami dampak dari adanya pandemi Covid-19. Penurunnya daya beli konsumen menjadi suatu tantangan pelaku UMKM dalam menjalankan produksi usahanya. Salah satu peluang pelaku UMKM untuk bertahan di masa pendemi saat ini adalah dengan cara memaksimalkan penjualan Online. Tetapi tidak sedikit para pelaku UMKM yang masih belum paham dengan penjualan Online ini. Maka dari itu, perlunya pemberdayaan mayarakat pelaku UMKM dalam mencoba pasar Online atau pilihan lain dengan memberdayakan pelaku UMKM dalam membranding produk unggulan. Dengan menggunakan dan mengelola media digital yang tepat, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat mengenai produk. Media digital yang bisa digunakan antara lain Instagram, Facebook, WhatsApp, Youtube, GrabFood/Go-Food atau platform lainnya. Para pelaku usaha juga bisa melakukan brand awarness dengan secara offline yaitu bisa mengembagkan inovasi yang belum ada seperti promosi dengan membagikan brosur-brosur, membuat daftar menu yang menarik atau membuat pricetag. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah dalam bentuk pandampingan terhadap pelaku usaha tentang pengembangan inovasi usaha UMKM yang dimana para anggota turun langsung ke lapangan. Kegiatan pendampingan UMKM ini dilaksanakan di lokasi Toko Kuenak, Pisangan, Ciputat Timur. Proses kegiatan Pendamingan UMKM berupa wawancara dengan pemilik usaha untuk mengetahui situasi kondisi usahanya saat ini, para anggota membantu membuat pesanan snack box, membuatkan banner/spanduk dan pricetag sebagai upaya melakukan brand awarness untuk Toko Kuenak, serta para anggota juga memberikan alat kesehatan berupa masker, handsanitizer, dan sarung tangan plastik kepada pengelola usaha sebagai bentuk perhatian untuk selalu menjaga protokol kesehatan saat berinteraksi dengan pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Tambunan, Tulus T.H. UMKM Di Indonesia, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2019), Cet, Ke-1

Hafni, Roswita dan Ahmad Rozali. Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Terhadap Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Kemenkop dan UKM. (2015). Renstra_Kementerian_Koperasi_dan_UKM_2015-2019. http://www.depkop. go.id/berita-informasi/data-informasi/ perencanaan-program/ (diakses Agustus 6, 2021)

Supriyanto. 2006. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Pendidikan.Vol. 3 No (1) Hal:1-16.

Saputro, dkk. Peta Rencana (ROADMAP) Riset Enterprise Resource Planning (ERP) Dengan Fokus Riset Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UMK) Di Indonesia. Journal of Information Systems.Vol. 6 No (2) Hal:140-145.

Budiyanto, Arief dan Aidil Amin Effendy. 2020. Analisis Kebijakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan Dalam Memberdayakan Peranan UMKM dan Koperasi Terhadap Perekonomian Kota Tangerang Selatan. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ