PENDAMPINGAN ANAK USIA 5-15 TAHUN DALAM MEMBANGUN SIKAP DAN MENUMBUHKAN PERILAKU MENJAGA PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Devi Rahma Ariani, Selli Setyowati, M. Yafie, Tria Patrianti

Abstract


Virus Covid-19 adalah varian virus baru yang sangat berbahaya berasal dari China, mulai menyebar di Indonesia pada bulan Maret 2020. Pemerintah melakukan beberapa upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yaitu sosial distancing dan PSBB. Upaya pengendalian belum berjalan efektif sebab proses mengenali virus tersebut masih berjalan. Kasus Covid-19 juga samekin melonjak terutama pada anak uasi 5-12 tahun, oleh karena itu pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan tujuan pelaksanaan kegiatan penggunaan masker dan cara menggunakan handsanitizer yang tepat kepada anak usia 5-12 tahun. Metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu (a) tahap analisa situasi tentang kondisi taget khalayak pendampingan, b) perencanaan, menyusun materi pesan, dan media penyampaian (c) tahap sosialisasi, d) tahap implementasi pendampingan, dan e) evaluasi dengan melakukan tanya jawab dengan peserta. Kegiatan pendampingan ini mendapat respon yang baik dari anak – anak yang didampingi. Pengetahuan khalayak sasaran juga diketahui lebih meningkat pengetahuan dan pemahamannya tentang protokol kesehatan untuk mecegah penularan virus corona.


Full Text:

PDF

References


Jurnal, J. A. M., Masyarakat, A., Mandira, T. M., Fahriati, A. R., Ratnaningtyas, T. O., Utami, S. M., Di, C., & Pandemi, M. (2021). THE IMPORTANCE OF HAND WASH AND USING A MASK TO PREVENTION COVID 19 DURING PANDEMIC. 2(1), 122–128.

Kusuma, D. A. (2021). PENERAPAN PROGRAM DARMASAN ( SADAR MASKER PADA ANAK-ANAK ) DALAM UPAYA MENGURANGI PENYEBARAN COVID-19. 4(1), 87–91.

Lawrenche, F., Wulandari, N., Ramadhan, N., Rahayu, F., Bakhtiar, M. A., & Nurrachmawati, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Ikatan Remaja Masjid Rt.04 Loa Kulu. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 429. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.28007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ