(Pengabdian Masyarakat Penyemprotan Disinfektan Di Komplek Graha Permai kelurahan Ciputat, Kota Tangerang Selatan Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19)

Aurora Lazuardini, Brisa Maharani Putri, Muhammad Fadhil Maulana, Tri Yuni Hendrawati

Abstract


Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Corona. Virus ini pertama kali dideteksi di pasar basah yang berada di Wuhan, China akhir tahun 2019. Kasus in pertama kali terdeteksi di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020. Virus corona ini menyerang pada sistem pernapasan manusia. Virus ini menyebar dengan cepat, salah satunya bisa dengan melalui kontak fisik dengan penderita Covid-19. Corona dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin, lalu hinggap di tempat yang sudah tertempel virus Covid-19 ini, Tempat-tempat umum yang sering didatangi warga seperti Pasar, Mall, Stasiun , adalah salah satu tempat penyebaran virus Covid. Selain dengan menjaga jarak dari kerumunan juga memakai masker, salah satu pencegahan penyebaran dan penularan virus corona tersebut dengan cara penyemprotan disinfektan di tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat, karena cairan desinfektan terbukti cukup efektif membunuh virus corona yang berada di sekitar permukaan benda. Maka dari itu, menurut kami perlu dilakukannya desinfeksi di tempat tempat yang rentan. Dalam hal ini, maka kami memutuskan untuk melakukan penyemprotan desinfektan di sekitar Komplel Graha Permai, Ciputat. Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah untuk mengurangi klaster baru penyebaran virus corona yang rentan sekali menyebar di tempat-tempat umum. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penyemprotan ini kami lakukan karena sadar akan kondisi yang sekarang terjadi di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Seviana, Via. A’mal, Ihza Ahsanul. Sahertian Firdaus, M. Magfiroh, Magfiroh. Darmawan, Irfansyah Widya. 2020. “Penyemprotan Disinfektan Di Desa Petekeyan Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19”. Jepara : Universitas Semarang.

Rinaldi, RS. IN, Anggraini. 2021. “Perancangan Sistem Disinfektan UV-C Sterilisasi Paket sebagai Pencegahan Penyebaran Covid-19”. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi 10 (1), 57-62.

biropemerintahan.bantenprov.go.id, 12 Juli 2021. Profil Kota Tangerang Selatan. Website : https://biropemerintahan.bantenprov.go.id/profil-kota-tangerang-selatan

kkn.umj.ac.id, 4 Agustus 2021. Sistem Pengelolaan dan Informasi Kuliah Kerja Nyata. Website : https://kkn.umj.ac.id/main


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ