Pembagian Sembako Kepada Masyarakat Berstatus Janda Kurang Mampu Di Gunung Sindur Bogor

Nurul Fikri Azzahra, Hesti Islamia Pertiwi, Nanda Afina Riyadhu Ilma, Dadang Herdiansyah

Abstract


Kasus COVID-19 di Indonesia yang terus menerus meningkat dari waktu ke waktu mengakibatkan sector perekonomian mengalami ketidakstabilan. Mitra KKN UMJ yang dipilih adalah Rukun Tetangga (RT) yang bertempatan di Desa Curug.  Mitra tersebut tercipta karena adanya pemetaan wilayah yang menyebabkan terciptanya Desa Curug, terutama RT 01/ RW 05. Hal ini menyebabkan daya beli masyarakat akan bahan pangan menjadi lebih rendah. Oleh karena itu bantuan sosial diperlukan untuk meringankan beban masyarakat sehingga dapat memperoleh pangan secara layak walaupun dalam keadaan sulit akibat dampak dari pandemi COVID -19. Bantuan sosial diberikan dalam bentuk sembako makanan yaitu beras, gula, minyak goreng, susu kental manis, mie instan. Situsi Pandemi Covid 19 seperti sekarang ini menghambat kami untuk melakukan program ini  dikarenakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada daerah Jawa dan Bali.  Kendala dalam melaksanakan program ini kami tidak dapat bertemu langsung oleh masyarakat dan sehingga pendistribusian diwakilkan oleh Ketua RT. Adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat meringankan beban dari warga yang terdampak Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Fuji E Permana. 22 November 2020. Bantu Wanita Janda dam Warga Miskin Setara Dengan Jihad. URL: https://www.republika.co.id/berita/qk77ul320/bantu-wanita-janda-dan-warga-miskin-setara-dengan-jihad. Diakses pada 20 Juli 2021.

Listya Karvistina. 2011. PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP STATUS JANDA (Studi Kasus Di Kampung Iromejan, Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta). Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. URL: http://eprints.uny.ac.id/21969/1/PERSEPSI%20MASYARAKAT%20TERHADAP%20STATUS%20JANDA.pdf

Website resmi Desa Curug. 2020. URL: https://www.curug.desa.id/. Diakses pada 19 Juli 2021

Hanifah Puspita Nurul H. 2020. PEMBAGIAN PAKET SEMBAKO SEBAGAI BENTUK BANTUAN SOSIAL KEPADA PEKERJA JALANAN DI WILAYAH KELURAHAN CILENDEK TIMUR DALAM MASA TRANSISI PANDEMIK COVID-19. URL: https://e-journal.unair.ac.id/jlm/article/view/23481

KITABISA.COM. 2019. https://blog.kitabisa.com/rahasia-bayar-zakat-kepada-yatim-dan-janda-dapat-pahala-luar-biasa/. Diakses pada 1 Agustus 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ