Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Pemberian Vitamin untuk Anak-Anak

Feby Elvira, Zulma Fara Panadia, Shielviana Veronica, Dadang Herdiansyah

Abstract


Di masa pandemi COVID-19 ini kita diharuskan untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya yaitu dengan mencuci tangan pakai sabun. Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain. Mencuci tangan dengan air dan sabun dapat lebih efektif menghilangkan kotoran dan debu secara mekanis dari permukaan kulit dan secara bermakna mengurangi jumlah mikroorganisme penyebab penyakit seperti virus, bakteri dan parasit lainnya pada kedua tangan. Kebiasaan mencuci tangan pakai sabun ini penting diajarkan kepada anak-anak, karena anak-anak termasuk ke dalam kelompok rentan terpapar COVID-19. Kami membuat program Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun dan Pemberian Vitamin untuk Anak-Anak dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada mereka mengenai pentingnya mencuci tangan pakai sabun dan cara mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar. Pemberian vitamin dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka agar terhindar dari infeksi virus. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak dengan rentang usia 6-10 tahun yang tinggal di wilayah mitra dan berjumlah 6 orang. Setelah mengikuti penyuluhan ini, diharapkan anak-anak dapat selalu menjaga kebersihan terutama kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan pakai sabun untuk menghindari mereka dari penyakit infeksi. Tingkat pengetahuan anak-anak mengenai kegiatan mencuci tangan pakai sabun setelah diadakannya penyuluhan ini meningkat, hal ini dapat terlihat dari kelancaran mereka dalam mempraktikkan cara mencuci tangan pakai sabun dan menjawab pertanyaan yang diberikan dengan baik dan benar.


Full Text:

PDF

References


Adityo Susilo, C, dkk. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1).

Cordita, R.N., Soleha, T.U., dan Mayasari, D. 2019. Perbandingan Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Hand Sanitizer dengan Sabun Antiseptik pada Tenaga Kesehatan di Ruang ICU RSUD Dr. H. Abdul Moeloek. Jurnal Agromedicine, 6(1).

Desiyanto, F. A., & Djannah, S. N. 2013. Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 7(2) : 75–82.

Fadli, A. 2020. Mengenal Covid-19 Dan Cegah Penyebarannya Dengan “Peduli Lindungi” Aplikasi Berbasis Andorid. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Teknik Elektro.

Hendrawati, Tri Yuni, dkk. 2021. Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pelaksanaan Tahun 2021. Universitas Muhammadiyah Jakarta : Jakarta

Ibrahim, dkk. (2020). Bencana Virus Corona Melalui Sosialisasi pada Anak Usia Dini pada Desa Rempe Kecamatan Seteluk Sumbawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3 (2) : 191-195.

Kemenkes RI. 2020. Perkembangan COVID-19. Diakses pada 27 Juli 2021 pada https://www.sehatnegeriku.kemenkes.go.id

Panirman, Leo, dkk. 2021. Manajemen Enam Langkah Cuci Tangan Menurut Ketentuan WHO Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(2) : 105-113.

Pradana, K. Aditya, dkk. 2021. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Animasi Lagu Anakanak Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Anak Usia Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Gembol Ngawi. Journal of Health Research, 4(1) : 24-33.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. 2021. Edukasi Masyarakat Umum Cuci Tangan Pakai Sabun. Diakses pada 27 Juli 2021 pada https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/cuci-tangan-pakai-sabun

World Health Organization (WHO). 2009. Who Guidelines On Hand Hygiene In Health Care. Switzerland: WHO Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ