Edukasi Dan Pelatihan Public Speaking

Hibatin Wafiroh, Iqbal Setiawan, Putra Yonanda, Oktaviana Purnamasari

Abstract


Organisasi dunia (World Health Orgazation) telah menetapkan wabah virus Corona sebagai pandemi global mengingat tingkat penyebaran dan keparahan yang mengkhawatirkan. Penyebaran virus Covid-19 ini sangatlah cepat, sehingga banyak memakan korban jiwa diberbagai dunia khususnya di Indonesia. Adanya pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat merubah kebiasaan hidunya baik aktifitas dalam kehidupan sehari-hari mauun pola perilaku yang harus diterapkannya. Ditengah pandemi Covid-19 tidak sedikit permasalahan-permasalahan yang terjadi dan kontroversial. Masalah global serius yang masih belum optimal dalam penanganannya yaitu masalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam menyikapi covid-19 maka dari itu. diberlakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang berdampak pada seluruh sektor yang ada di Indonesia. Salah satu sektor yang terkena dampak dari pandemi adalah sdari segi pendidikan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilakukan secara Luring dengan mengikuti prokes yang ketat seperti pembatasan peserta sesuai kapasitas ruangan, memakai masker,menjaga jarak dan lain – lain maka dari itu kegiatan atau proker KKN  tentang edukasi public speakinhg kelompok 24 dilakukan secara offline kondisi psikologi siswa yang sulit dalam memahami pelajaran secara online memacu semangat kami untuk mengadakan proker secara luring karena siswa dinilai memiliki rasa sulit menerima pelajaran, bosan, rindu dengan teman sekolahnya, rindu dengan belajar jika proker dijalankan online maka kegitan kali ini dilaksanakan secara offlline dengan mematuhi prokol kesehatan yang ketat salah satunya membatasi peserta,menggunkan masker,menjaga jarak dan lain-lain dalam penyelenggaraan acara ini demi terhindarnya kerumunan, maka dari itu untuk mencapai kemaksimalan mengedukasi siswa ini di lakukan secara offline agar proker public speaking atau pelatihan menfal anak ini dapat tersampaikan dengan baik tanpa rasa bosan. Namun kendalanya adalah pembelajaran secara luring harus mempunyai perizinan yang lengkap dan mematuhi protokol kesehatan sesuai arahan pihak mitra yang akan di selenggarakan, dengan melakukan kerja sama yang baik akhrinya proker ini dapat berjalan secara offline agar semua tetap dalam keadaan sehat.

 


Full Text:

PDF

References


Fandatiar, Galuh, Supriyono Supriyono, and Fajar Nugraha. 2015. “Rancang Bangun Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Pada Universitas Muria Kudus.” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer 6 (1): 129. https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.247.

Gunawan, I. G. D., Suda, I. K., & Primayana, K. H. (2020). Webinar sebagai Sumber Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Purwadinata: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(2), 127–132.Nyata, Kuliah Kerja, and Email Bulkaniardiansyahgmailcom. n.d. “Ady Ferdian Noor, Bulkani, PENINGKATAN KOMPETENSI ISLAMI BERWAWASAN LINGKUNGAN MAHASISWI UNIVERSITAS...,” no. 1981: 1–5.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global?page=all

Lasmery RM Girsang, PUBLIC SPEAKING’ SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI EFEKTIF (KEGIATAN PKM di SMA KRISTOFORUS 2, JAKARTA BARAT), Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan Vol.2, No.2. 81-85. 2018.

Dinaya Maya Julijanti& Dewi Quraisyin, Buku Ajar Public speaking, (Madura: Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojo Madura, 2012), hlm. 6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ