PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENYULUHAN GERAKAN ANTI SAMPAH DI RT 04, BOJONG ASIH, BANDUNG

Fanny Ardila Berlianti, Furqon Ali Akbar, Giang Akbar Ramadhan, Adlan Fauzi Lubis

Abstract


Pemasalahan mitra adalah seringnya terjadi bencana banjir yang diakibatkan oleh sampah, banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, membuang sampah ke saluran air dan bahkan ke sungai. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan akan berdampak kerusakan lingkungan terutama mengenai sampah. Kondisi ekonomi masyarakat yang masih ditingkat yang rendah program Bank Sampah akan sangat bagus untuk menambah pemasukan mereka. Juga mengenalkan gaya Hidup Zero Waste  sebagai gaya hidup minim sampah. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan penyuluhan dan pengedukasian kepada masyarakat melalui webinar “Mengubah Sampah Menjadi Berkah” via daring. Dengan adanya Pemberdayaan Masyarakat melalui edukasi dan penyuluhan tentang Bank Sampah dan Gaya Hidup Zero Waste menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada pada Desa Dayeuhkolot. Hasil dari pemberdayaan ini berisikan adanya kesadaran masyarakat tentang kondisi sampah saat ini, melakukan gerakan Gaya Hidup Zero Waste untuk meminimalisir sampah, dan memilah sampah untuk disetor ke Bank Sampah yang nantinya bisa sedikit membantu ekonomi masyarakat dari Menabung Sampah.


Full Text:

PDF

References


Tata Cara Teknik Pengelolaan Sampah Perkotaan: SK SNI-T 13-1990-F, Yayasan LPMB Bandung, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Reka Melani, 2019. Pemberdayaan Karang Taruna Dalam Upaya Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Untuk Mengelola Sampah Menjadi Rupiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 Tahun 2019.

Ni Made Armadi, 2021. Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Mengelola Sampah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.Vol. 35 No. 1: p 9-24

Indonesia.go.id (2021, 23 Februari) Membenahi Tata Kelola Sampah Nasional. Diakses pada 4 Agustus 2021, dari https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/2533/membenahi-tata-kelola-sampah-nasional

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (2017). Data Sampah Kota. Jakarta: KLHK


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ