EDUKASI PENDIDIKAN SEJAK DINI MELALUI MEDIA ELEKTRONIK DALAM PANDEMI COVID-19

Farah Nurul Basma, Ittaqi Tafuzi, Kemal Idris, Triana Srisantyorini

Abstract


Peningkatan pandemi saat ini masih belum berakhir, dimana seluruh aktivitas menjadi terhalang sementara. Semakin hari semakin meningkat jumlah angka positif COVID-19, maka dari itu perlu penerapan menjaga jarak, memakai masker, dan selalu mencuci tangan sangat di anjurkan untuk seluruh masyarakat. Dalam kegiatan “Edukasi Pendidikan Sejak Dini Melalui Media Elektronik dalam Pandemi COVID-19” ini sangat menganjurkan 3M yang sudah tertera di atas. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat kali ini adalah memberikan pembelajaran terhadap anak Panti Mizan Amanah Cilandak Barat untuk mengetahui beberapa point pendidikan penting diantaranya memperkenalkan tokoh sahabat nabi yang di juluki Abu Hurairoh, seorang shufi yang menyayangi hewan, menyayangi dan mengasihi sesama makhluk hidup tidak hanya manusia saja melainkan hewan dan tumbuhan. Karena anak panti hidup saling berdampingan agar mereka mempelajari dan peka terhadap sesama selama di panti dalam hal menyayangi, mengasihi dan tolong menolong.


Full Text:

PDF

References


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.

Jurnal Pendidikan Dasar | p-ISSN 2685-7642 | e-ISSN 2685-8207 Vol.2 No.2 Desember 2020 | Hal 1-13 Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Bramastia, & Purnama, E. K. (2021). Program Bantuan Kuota Belajar KEMENDIKBUD DI MASA PANDEMI. Jurnal EPISTEMA, 2(1).

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1

BNPB. (2020). Statistik Perkembangan COVID-19 Indonesia. In Gugus Tugas Pecepatan Penanganan COVID-19 Republik Indonesia.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Mandailina, V., Syaharuddin, S., Pramita, D., Ibrahim, I., & Haifaturrahmah, H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.955

Nurfurqon, A. (2020). Analisis Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Covid-19: Perspektif Hukum Administrasi Negara. Jurnal Yustika: Media Hukum Dan Keadilan, 23(01), 13–23. https://doi.org/10.24123/yustika.v23i01.2864

Srihartini, Y., & Pratami, M. L. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. TARBIATUNA Journal of Islamic Education 1 | Tarbiatuna, 1(1), 1–21. http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/tarbiatuna/article/view/219


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ