Pembentukan Remaja Peduli Kesehatan Reproduksi di Era New Normal pada Remaja IPM Kota Bekasi

Dwita Meylina Nur Aisyah, Sufi Nursheha, Anis Setiyanti

Abstract


Dalam menghadapi suatu konflik atau masalah kesehatan fisik dan psikososial jika menggunakan keputusan yang tidak tepat, maka akan masuk ke dalam perilaku berisiko serta menerima akibatnya baik jangka pendek maupun jangka panjang. Remaja dengan perilaku seks aktif pra nikah akan berisiko pada kehamilan remaja serta penyakit menular seksual. Kehamilan remaja perempuan yang tidak direncanakan akan berlanjut pada tindakan aborsi dan pernikahan remaja. Kedua hal tersebut akan memberikan dampak pada masa depan remaja tersebut, janin yang dikandung, serta keluarganya. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam penyuguhan informasi diantaranya ceramah, diskusi, dan kuis. Hasil perolehan kuis yang diikuti oleh peserta yaitu sebesar 72% peserta memahami materi yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar peserta telah mencapai tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan serta kesadaran kelompok usia remaja terhadap kesehatan reproduksi.

 


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (2020) ‘Hasil Sensus Penduduk 2020’, Berita Resmi Statistik, (27), pp. 1–52. Available at: https://papua.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/336/indeks-pembangunan-manusia-provinsi-papua-tahun-2017.html.

BKKBN (2017) ‘Survei Demografi Dan Kesehatan : Kesehatan Reproduksi Remaja 2017’, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, pp. 1–606. Available at: http://www.dhsprogram.com.

Damayanti, D., Pritasari and L, N. T. (2017) ‘GIZI DALAM DAUR KEHIDUPAN’, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ellysa (2017) ‘Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja’, Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Imron, A. (2012) ‘Pendidikan kesehatan reproduksi remaja’, Ar-ruzz media, p. 115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ