PEMBERIAN EDUKASI TERKAIT CUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR, PEMBAGIAN ALAT TULIS, MENGAJI BERSAMA DI MAJELIS TA’LIM DAARUL HIDAYAH, KOTA BOGOR

Muhammad Arif Fauzan, Hikalia Zulfiani, Ari Laras Setyaning Riski

Abstract


Virus Covid-19 yang saat ini sedang mencekam hampir di seluruh dunia menjadikan seluruh manusia untuk lebih berhati-hati dengan lingkungan sekitar, seperti menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan anggota badan terutama dengan kebersihan dua telapak tangan. Hingga saat ini belum ada obat yang terbukti efektif dalam menangani virus Covid-19. Hal ini membuat Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengeluarkan himbauan mengenai hal yang harus dilakukan dalam mencegah virus tersebut. Upaya yang bisa dilakukan salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun. Berdasarkan latar belakang yang ada lahirlah sebuah kegiatan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat diselenggarakan di Majelis Taklim Daarul Hidayah dengan tujuan agar anak-anak dapat memahami dan menerapkan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terbuka, teknik observasi dan dokumentasi. Sebagian dari kegiatan dilakukan secara online. Hasil dari kegiatan Penyuluhan di Majelis Taklim Daarul Hidayah ini adalah menjadikan anak-anak tersebut dapat menerapkan cara mencuci tangan yang benar, hal tersebut juga membuat mereka menjadi lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan dan mengurangi kemungkinan terpapar dari virus Covid-19 yang sedang melanda negara ini.


Full Text:

PDF

References


Maiti and Bidinger (2020) ‘Pentingnya Penerapan Phbs Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Masyarakat’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ