PEMBENTUKAN KESADARAN DAN KEPEDULIAN POPULASI ELANG JAWA YANG TERANCAM PUNAH MELALUI PROGRAM INSPIRA PEDULI

Muhammad Febrian Ali, Oktaviana Purnamasari, Harmonis Harmonis

Abstract


Tulisan ini membahas tentang program KKN UMJ berbasis MBKM di Inspira TV. Program yang dilakukan adalah membuat sebuah poster kampanye sosial tentang Elang Jawa yang sekarang ini populasinya hampir punah. Mekanisme pelaksanaannya adalah dengan membuat tema tentang bagaimana sebuah program tersebut dapat  membentuk kesadaran dan kepedulian populasi Elang Jawa yang terancam punah melalui program Inspira Peduli sehingga berdampak pada terjaganya ekosistem dan populasi Elang Jawa di Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk membentuk kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga hewan endemik yang berasal dari Pulau Jawa ini. Lokasi kegiatan ini dilaksanakan di Kota Bandung. Teknis pelaksanaan adalah dengan menyebarkan poster dalam bentuk infografis edukasi dan informasi tentang Elang Jawa yang terancampunah lalu di dalam infografis tersebut terdapat sumbangan donasi bagi masyarakat untuk menjaga hewan endemik asli Indonesia ini dari kepunahan.


Full Text:

PDF

References


Abul Fida Al Faaz, Djoko Wahdjuadi, & Tri Djatmiko (2017). Formulasi Strategi Bisnis Inspira TV Bandung Sebagai Perusahaan TV Digital Yang Baru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, file:///C:/Users/test/Downloads/17.04.290_jurnal_eproc%20(1).pdf

Desy Natalia Sitorus & Jarwadi B Hernowo (2017). Habitat Dan Perilaku Elang Jawa (Nisaetus Bartelsi) Di Sptn 1 Tegaldlimo Taman Nasional Alas Purwo, Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.

file:///C:Users/test/Downloads/16416Article%20Text-49393-1-10-20170512%20(1).pdf

Wikipedia.com inspira tv. Diperoleh Juli 23, 2021, dari Wikipedia.com website : https://id.wikipedia.org/wiki/Inspira_TV

Merdeka.com 5 fakta elang jawa. Diperoleh April 1, 2020, dari Merdeka.com website https://www.merdeka.com/jateng/5-fakta-elang-jawa-burung-legendaris-asal-tanah-jawa-yang-terancam-punah.html:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ