Belajar Secara Online Kepada Siswa Kelas 3 – 5 Sekolah Dasar Guna Memaksimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Siswa

Namiroh Farah Ananda, Alif Budi Prasetiyo, Salsabilla Putri Amalia, Dina Febriani Darmansyah

Abstract


Pengabdian merupakan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, dan hal tersebut direalisasikan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhamamadiyah Jakarta. Salah satu bentuk mengabdi dapat melalui mengajar. KKN yang dilaksanakan oleh Kelompok 31 menciptakan sebuah program kerja dalam bentuk mengajar, yaitu Bimbingan Belajar ‘Latisa’ Online kepada para siswa–siswi yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 3 – 5. Kegiatan ini bermitra dengan Sekolah Dasar Swasta Laksa Bhakti di Jakarta Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan materi-materi pelajaran yang dipelajari di Sekolah agar para siswa semakin memahami materi tersebut. Metode kegiatan ini menggunakan tahapan pendaftaran dengan target 20 siswa kemudian melaksanakan bimbingan belajar secara online melalui platform Zoom Meeting. Cara belajarnya adalah dengan memamparkan materi, memberi latihan soal, memberi kuis, serta memberikan pekerjaan rumah (PR). Hasil kegiatan yang dicapai adalah siswa–siswi menjadi antusias untuk belajar di rumah saja dan memberikan kesan positif terhadap kegiatan ini.


Full Text:

PDF

References


Suwarni. 2021. Peningkatan Prestasi Membaca Al-Quran Siswa dengan Metode Manajemen Kemitraan di SDN 003 Loa Kulu, Kutai Kartanegara. Hal 1.

“Pentingnya Memahami Fungsi dan Tujuan dari Pendidikan” https://www.akseleran.co.id/blog/pendidikan-adalah/ dipublish tanggal 21 Januari 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ