EDUKASI PROTOKOL KESEHATAN DEMI PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19

Reynaldi Ahmad, Nani Nuraini Muksin

Abstract


Covid-19 merupakan virus yang dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru seperti pneumonia. Penyebaran virus Covid-19 ini di Indonesia sangatlah cepat dan pasien yang terkonfirmasi positif tertular Covid-19 dari waktu ke waktu semakin bertambah. Untuk mencegah atau memperlambat terjadinya penularan di Indonesia, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya seperti misalnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Masyarakat kini harus menyesuaikan diri dengan pola kehidupan di era pandemi Covid-19. Salah satunya adalah pola kebiasaan baru tentang disiplin protokol kesehatan Covid-19 yang bertujuan untuk dapat mengurangi penularan wabah virus Covid-19. Dengan melihat pentingnya protokol kesehatan yang telah dijelaskan tersebut dan masih banyaknya masyarakat yang masih belum menerapkan dan melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-harinya, maka dari itu kelompok kami ingin membuat program kegiatan yang bertemakan dengan edukasi protokol kesehatan demi pencegahan penularan virus Covid-19 ini yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat disana tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini serta upaya-upaya yang harus dilakukan dalam mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19 tersebut. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan program ini adalah observasi langsung ketempat pelaksanaan kegiatan KKN.


Full Text:

PDF

References


Laely Farokhah, Yusfi Ubaidillah, Rury Arista Yulianti. 2020. Penyuluhan Disiplin Protokol Kesehatan Covid Di Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere Kota Depok. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Jurnal UMJ.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/7970/4756

Feri Agustin, Fidia Rara Restuni, Ade Utia Detty, Arti Febriyani Hutasuhut, Ika Artini, Dalfian. 2021. PENYULUHAN TENTANG PENTINGNYA MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI UPT PUSKESMAS KAMPUNG SAWAH BANDAR LAMPUNG. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM).

https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/download/3673/pdf

Asnuddin, Sri Sakinah, Meriem Meisyaroh, Sulkifli Nurdin, Hasrul, Murtini, Suparta, Hasnah. 2021. EDUKASI KESEHATAN VAKSIN DAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA MASYARAKAT DUSUN CENRANA DESA CARAWALI KABUPATEN SIDRAP. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM)

http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/4500/pdf

Rohima. 2020. “PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN PADA ERA NEW NORMAL”.

https://www.academia.edu/44167206/_PENERAPAN_PROTOKOL_KESEHATAN_SANTRI_DI_PONDOK_PESANTREN_PADA_ERA_NEW_NORMAL_

Rahmawati, Sari Fathu Rahmah, Deyan Regita Mahda, Tri Purwati, Bagus Suryo Utomo5, Abdul Mazid Nasution. 2020. Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Pandemik Melalui Media Poster. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/8018/4793


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ